Terbaru, Harga Cabai di Kota Malang Makin Pedas Capai Rp 40 Ribu Per Kilo - Tugujatim.id

Terbaru, Harga Cabai di Kota Malang Makin Pedas Capai Rp 40 Ribu Per Kilo

  • Bagikan
Harga cabai. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Isnaini, pedagang cabai di Pasar Klojen, Kota Malang, yang menata dagangannya. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Kabar terbaru dari harga cabai di Kota Malang yang semakin pedas alias semakin merangkak naik. Harga di pedagang eceran di sejumlah pasar di Kota Malang mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

“Harga cabai keriting sekarang Rp 40 ribu per kilo, sebelumnya ya sekitar Rp 30 ribu saja. Kalau cabai rawit Rp 35 ribu per kilo, padahal kemarin Rp 25 ribu,” ucap Isnaini, 51, pedagang cabai di Pasar Klojen Kota Malang, Selasa (30/11/2021).

Menurut dia, harga cabai yang merangkak naik di penghujung tahun 2021 itu terjadi pada beberapa hari terakhir ini. Dia menilai memang harga cabai selalu naik turun, apalagi memasuki musim hujan dan akhir tahun.

“Kalau harga naik gini ya saya kurangi pasokannya, soalnya kalau kena hujan ya busuk cabainya. Apalagi sekarang pembeli juga berkurang,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang M. Sailendra menilai naik turunnya harga cabai memang dipengaruhi pasokan dari petani cabai.

“Pantauan kami, harga cabai sekarang naik turun. Kadang Rp 40 ribu, kadang Rp 20 ribu per kilo. Memang tergantung pasokan dan ketersediaan dari petani,” tuturnya.

Dia juga menilai musim hujan juga menjadi penyebab perubahan harga cabai. Dia menyebutkan, hasil panen cabai dalam musim hujan memang sering mengalami penurunan.

“Memang kalau musim hujan ada kecenderungan panennya itu ada yang gagal, itu salah satu yang memengaruhi,” ujarnya.

 

 

  • Bagikan