Terjadi Gempa Malang, Inilah Kronologi Runtuhnya Icon Patung Gorila di Jatim Park 2 - Tugujatim.id

Terjadi Gempa Malang, Inilah Kronologi Runtuhnya Icon Patung Gorila di Jatim Park 2

  • Bagikan
Petugas mengevakuasi reruntuhan patung gorila dengan pengamanan aparat TNI. (Foto: Sholeh/Tugu Jatim)
Petugas mengevakuasi reruntuhan patung gorila dengan pengamanan aparat TNI. (Foto: Sholeh/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Patung berbentuk gorila yang merupakan icon utama Jatim Park 2, Kota Batu, runtuh usai diguncang gempa berkekuatan 6,7 Magnitudo. Begini kronologi lengkap runtuhnya icon itu pada Sabtu (10/4/2021).

General Manager Jatim Park 2 Agus Mulyanto menjelaskan, runtuhnya patung gorila tersebut terjadi di tengah proses renovasi. Sementara saat itu, progres renovasi sudah mencapai 30 persen.

Dia mengatakan, patung itu runtuh usai ada getaran gempa pada pukul 14.00 WIB. Gempa tersebut terjadi dengan guncangan cukup lama sehingga membuat pengunjung panik.

“Pas gempa berhenti, tiba-tiba patung ini ambruk. Untungnya tak ada aktivitas di sekitar sana,” ujarnya.

Menurut Agus, gempa tersebut terjadi di tengah guyuran hujan. Sementara disebutkan, semua wahana Jatim Park 2 memang dihentikan saat terjadi hujan. Hal itu dilakukan demi menjaga bidang kelistrikan yang ada.

Patung gorila yang berada di wahana Snail Coaster Jatim Park 2 itu mengalami kerusakan cukup parah. Kepala karakter gorila itu rusak total hingga menjalar ke bahu dan lengan patung.

Usai insiden itu, tim evakuasi Jatim Park 2 langsung dikerahkan untuk membersihkan puing-puing patung. Beberapa petugas dengan sigap mengangkut reruntuhan puing.

“Kerusakan hanya di sini saja, tak ada kerusakan di wahana lain. Ini langsung kami lakukan kegiatan pembersihan agar dapat segera tertangani,” imbuhnya.

Agus turun langsung ke lapangan memimpin jalannya evakuasi ambrolnya patung gorila itu. Tampak juga aparat TNI yang melakukan pengamanan evakuasi reruntuhan.

Sebelumnya, patung setinggi 7 meter itu memang dalam proses renovasi demi mempercantik dan memperbaiki retakan yang ada. Hal ini dilakukan untuk persiapan menjelang libur Lebaran.

 

  • Bagikan