Jaga Keselamatan Penumpang, Terminal Rajekwesi Bojonegoro Rutin Gelar Ram Check - Tugujatim.id

Jaga Keselamatan Penumpang, Terminal Rajekwesi Bojonegoro Rutin Gelar Ram Check

  • Bagikan
Ram Chek Bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro. (Foto: Mila Arinda/ Tugu Jatim)
Ram Chek Bus di Terminal Rajekwesi Bojonegoro. (Foto: Mila Arinda/ Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Terminal Rajekwesi Bojonegoro rutin menggelar ram check (pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat) pada bus untuk menjaga keselamatan penumpangnya.

Ram check juga ditujuakan untuk memastikan kondisi kendaraan bus dalam keadaan baik dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Dalam pelaksanaanya, setiap kendaraan akan diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis hingga kelengkapan secara administrasi. Adapun objek pemeriksaan lebih rinci seperti sistem alat kemudi, sistem penerangan, fasilitas tanggap darurat, perlengkapan kendaraan bermotor, badan kendaraan beserta komponen pendukung hingga kelengkapan syarat pengemudi.

“Setiap hari kita lakukan ram check dan pastikan bus itu layak untuk digunakan mengangkut penumpang,” ujar Komandan Regu Petugas Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Murlan.

Jika semua komponen pemeriksaan sudah terpenuhi, maka kendaraan diperbolehkan untuk melakukan perjalanan dan mengangkut penumpang. Namun apabila pemeriksaan tersebut menunjukkan ketidaklayakan untuk jalan, maka sopir bus tersebut diberi teguran untuk melakukan pembenahan pada kendaraannya.

“Contohnya kalau seumpama ada yang kurang saat pengecekan, kita kasih tau sopirnya untuk tidak menjalankan kendaraannya terlebih dahulu, dan mereka juga sudah paham dengan kesalahannya,” imbuhnya.

Murlan mengungkapkan, setiap hari pihaknya melakukan pengecekan pada 3 bus AKDP (antarkota dalam provinsi) dan 1 bus AKAP (antarkota antarprovinsi) dengan dibantu 3 petugas terminal lainnya, dengan begitu pelaksanaan pengecekan berjalan lancar dan cepat.

“Saya harap dengan adanya pengecekan rutin ini, para pemilik kendaraan lebih memperhatikan keamanan dan fisik kendaraan guna menjaga keselamatan para penumpang,” tandasnya.

  • Bagikan