Ternyata Vitamin C pada Mangga Lebih Banyak dari Buah Jeruk! - Tugujatim.id

Ternyata Vitamin C pada Mangga Lebih Banyak dari Buah Jeruk!

  • Bagikan
Ilustrasi mangga/Pixabay
Ilustrasi mangga/Pixabay

SURABAYA, Tugujatim.id – Mangga adalah salah satu buah yang populer di dunia. Warna kulitnya ada yang hijau dan ada yang kuning. Kalau rasanya, ada yang manis dan juga masam. Nama latin dari buah mangga adalah Mangifera indica. Tanaman yang struktur batangnya termasuk arboreus semacam tumbuhan berkayu ini punya tinggi batang lebih dari 5 meter.

Nah, karena ingin tahu lebih detail soal buah mangga, Tugu Jatim bakal menyajikan fakta menarik yang barangkali belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Apa sajakah itu?

1. Awalnya Mangga Ternyata Berasal dari India!

Buah mangga yang biasanya kita makan sehari-hari itu, bila dilihat dari sejarah dan catatan pertama kali muncul, ternyata dari India. Kemudian perlahan menyebar ke seluruh penjuru dunia karena pohon mangga mudah sekali beradaptasi dan tumbuh di berbagai macam tempat. Selain itu, rasa buahnya juga unik.

2. Mengandung Beta-Karoten, Bahan Dasar Vitamin A

Dalam berbagai sajian menu, buah mangga merupakan makanan pelengkap dari berbagai komposisi. Buah mangga ini mengandung enzim yang mempunyai serat seperti buah pepaya. Apalagi dalam kandungan daging di buah mangga, ada beta-karoten yang kemudian oleh tubuh dapat diproduksi menjadi vitamin A. Menarik sekali ya!

3. Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk

Kalau kita ditanya mengenai buah apakah yang lebih banyak mengandung vitamin C? Pasti banyak yang menjawab buah jeruk. Padahal, faktanya buah mangga mempunyai kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada buah jeruk lho.

4. Menjaga Tubuh agar Terhindar dari Kolesterol

Selain itu, bila dikulik lebih mendalam. Ada manfaat lain yang dikandung oleh buah mangga, yaitu mengandung zat yang bernama pectin. Fungsinya untuk mengurangi, mencegah, dan menjaga tubuh terhindar dari kolesterol. Pectin merupakan semacam serat yang dapat larut dalam darah dan sangat penting untuk mengatur kadar kolestrol dalam darah. Keren ya, gaes!

5. Buah yang Bisa Matang Sendiri

Buah mangga mempunyai sisi unik yang lainnya. Yaitu, saat dipetik saat mentah dan disimpan selama dua-tiga hari, pelan-pelan buah mangga menjadi matang dengan sendirinya. Untuk waktu matangnya, bergantung dari kondisi buah mangga itu sendiri saat dipetik. (Rangga Aji/Tugu Jatim)

  • Bagikan