TikTok Kenalkan Fitur Auto Captions, Bisa Keluarkan Subtitle secara Otomatis

  • Bagikan
TikTok merilis fitur baru, yakni Auto Caption atau caption otomatis untuk video. (Foto: Unsplash)
TikTok merilis fitur baru, yakni Auto Caption atau caption otomatis untuk video. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Platform media sosial TikTok meluncurkan fitur baru bernama Auto Captions alias caption otomatis yang mana hal ini akan mengeluarkan subtitle otomatis pada konten video mereka. Tentunya, hal ini bakal sangat berguna bagi pengguna yang memiliki gangguan pendengaran.

Dikutip dari laman resmi TikTok, tujuan keberadaan fitur Auto Caption ini untuk membuat berbagai konten di platform tersebut mudah diakses orang banyak, utamanya bagi disabilitas yang memiliki gangguan pendengaran.

BANNER DONASI

Saat ini, Auto Captions hanya mendukung rekaman video yang disertasi dengan suara dari bahasa Inggris atau bahasa Jepang saja. TikTok (07/04/2021) sendiri terus berupa mengoptimalkan fungsi fitur dengan berjanji akan menyediakan untuk bahasa lain dalam jangka beberapa bulan mendatang.

Nantinya, bagi pengguna yang merasa tidak fasih dalam bahasa yang digunakan kreator, terutama konten berbahasa Inggris, maka Auto Caption bisa dapat membantu untuk memahami konten.

Sebagai platform yang menyediakan video pendek TikTok sepertinya tidak mau ketinggalan  dengan para pesaingnya yaitu YouTube, Facebook, dan Instagram. Sebelumnya, TikTok terbilang platform yang cukup cekatan untuk mengupgrade beragam fitur aksesibilitas guna mempermudah bagi pengguna.

TikTok sudah membubuhkan peringatan dalam suatu video TikTok apabila konten tersebut dianggap berbahaya, ada pula fitur photosensitivity berfungsi untuk melewatkan ( skip) sebuah video yang dianggap berbahaya bagi pengidap epilepsi.

Tidak berhenti di situ, TikTok juga memiliki fitur text-to-speech yang dapat berguna untuk mengubah suara menjadi teks, serta animated thumbnail yang dihadirkan untuk memudahkan pengguna melihat cuplikan video sebelum benar membukanya.

  • Bagikan