Tim PKM Nutrizone UNDIP Inisiasi Gerakan Kerelawanan Nasional untuk Pemenuhan Gizi Anak

  • Bagikan
Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Nutrizone UNDIP Semarang tengah memberikan sosialiasi tentang pemenuhan gizi pada warga. (Foto: Dok. Tim PKM Nutrizone UNDIP/Tugu Jatim)
Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Nutrizone UNDIP Semarang tengah memberikan sosialiasi tentang pemenuhan gizi pada warga. (Foto: Dok. Tim PKM Nutrizone UNDIP)

Tugujatim.id – Makanan sehat dengan sumber gizi yang lengkap merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, terlebih untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak merupakan investasi berharga untuk sumber daya manusia (SDM) ke depannya. Karena itu, kecukupan gizinya perlu mendapatkan perhatian khusus sejak dini.

Asupan nutrisi yang tepat tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan fisik, tapi juga dapat mendukung kemampuan belajar dan aktivitas anak sehari-harinya.

Di tengah kebijakan PPKM dan physical distancing akibat pandemi Covid-19, para ahli mengingatkan untuk menjaga kondisi gizi, terutama untuk anak-anak. Meski berdasarkan berbagai data menyebutkan bahwa anak-anak memiliki prevalensi yang rendah untuk terinfeksi Covid-19, tapi pemenuhan gizi bagi mereka harus tetap diperhatikan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga imunitas agar terhindar dari infeksi penyakit, termasuk Covid-19.

(Foto: Dok. Tim PKM Nutrizone UNDIP/Tugu Jatim)
(Foto: Dok. Tim PKM Nutrizone UNDIP)

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional yang bertepatan pada 23 Juli 2021, maka Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Nutrizone yang beranggotakan Ilham Muhammad, Beni Rifqi Yafi Hibatullah, Muhammad Hakam Amnan, Farhan Syafiq Fadhillah, dan Nurul Afifah Dwifitriana berinisiatif untuk mencetuskan gerakan kerelawanan nasional.

Gerakan kerelawanan nasional ini merupakan salah satu subprogram dari program Nutrizone, yakni Nutri-Learn dan Sustainable Nutrizone. Bentuk dari gerakan ini berupa kampanye online melalui media sosial mengenai pentingnya pemenuhan gizi secara umum bagi masyarakat, khusus bagi anak-anak.

Puncak dari kegiatan ini berupa webinar nasional yang diisi langsung oleh pihak United Nations Children’s Fund (UNICEF). Kerja sama tersebut tentunya didapatkan berkat bimbingan dan relasi dari Bapak Nuryanto SGz MGizi.

Dalam rancangannya, kegiatan ini dimulai dengan melakukan open recruitment pada 24-31 Juli, kemudian dilanjutkan dengan periode kampanye secara online pada 1-7 Agustus 2021. Hingga pada puncak acara, yakni webinar nasional yang dilaksanakan pada 8 Agustus 2021.

Untuk bisa mengikuti kegiatan ini pun terbilang cukup mudah, yakni hanya perlu melakukan pendaftaran pada URL bit.ly/Nutrizone_Registration dan melengkapi syarat yang diminta.

Menurut salah satu anggota tim Ilham, kegiatan sejenis ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para volunteer hunter. Mengingat hanya melalui media sosial dapat memberikan dampak yang besar hingga berskala nasional. Dia mengatakan, karena dapat diikuti seluruh pemuda-pemudi Indonesia.

“Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi potensi keberlanjutan program Nutrizone yang dia cetuskan bersama tim,” ujarnya.

Ilham melanjutkan, para pemuda yang sebelumnya telah mendaftar pada gerakan ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak untuk dapat mengedukasi mengenai “Pentingnya Pemenuhan Gizi di Masa Pandemi” pada lingkungannya masing-masing.

 

*Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang

 

  • Bagikan