Jelang Piala Dunia, Generasi Emas Tim Samba Brasil Ingin Ulangi Kesuksesan pada 1994 & 2002

Tim Samba Brasil. (Foto: marca.com/Tugu Jatim)
Sejumlah skuad terbaik Brasil termasuk Neymar Jr dkk. (Foto: marca.com)

Tugujatim.id – Piala Dunia di Qatar semakin dekat dan semua tim dari negara yang lolos, termasuk Tim Samba Brasil, bersiap untuk memberi kejutan di Piala Dunia Qatar 2022. Pelatih Brasil Tite telah menegaskan kembali keinginannya dalam melatih dan menurunkan susunan pemain terbaiknya.

Tim Samba Brasil sendiri memiliki skuad yang spektakuler dengan lima penyerangnya. Di antaranya, Raphinha (Barcelona), Neymar (PSG), Vinicius jr (Real Madrid), Richarlison (Tottenham Hotspur), dan Rodrigo (Real Madrid).

Formasi yang diinginkan tim Samba Brasil adalah 4-2-3-1: Alisson, Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Telles, Casemiro, Lucas Paqueta, Raphinha, Neymar, Vinicius jr, Richarlison. Namun, ketika tim menguasai possession bola, formasi menjadi lebih radikal demi gaya permainan yang lebih menyerang. Telles dari Sevilla bergerak ke poros lini tengah dengan Paqueta diberi kebebasan untuk maju dengan filosofi permainan sepak bola Brasil yakni “Jogo Bonito”.

Kehadiran pemain Real Madrid yakni Militao di sisi kanan juga penting dalam skuad Tim Samba Brasil, meski sang pelatih Tite sudah menyatakan bahwa dia akan menjadi pilihan utama dalam line up susunan Timnas Brasil.

“Dia (Militao) telah bermain untuk Real Madrid dengan bagus, dan saya pergi untuk berbicara dengannya. Saya akan memberikan posisi terbaik di skuad Brasil nanti,” kata sang pelatih dilansir dari Marca.

Brasil ingin mengulang masa kejayaannya pada 1994 dan 2002. Dengan satu mata tertuju pada Piala Dunia Qatar mendatang, wajar jika mengingat masa lalu Brasil dalam kompetisi empat tahunan tersebut, Tim Samba telah mencatatkan rekor spetakuler dengan memenangkan lima kali juara Piala Dunia.

Melihat kembali dua kesuksesan terakhir, tim Brasil pada 1994 dengan generasi pemain seperti Mazinho, Mauro Silva, Dunga, Zinho, Bebeto, dan Romario. Sementara tim 2002, mereka berisi pemain seperti Cafu, Mauro Silva, Kleberson, Roberto Carlos, Rivaldo, Ronaldinho, dan Ronaldo. Rata-rata 2,57 gol per game ini memberi warna tersendiri dalam gelaran Piala Dunia tersebut. Sebab, tim Samba selalu dijagokan juara dan memiliki skuad terbaik dari masa ke masa.