News  

21 Rumah dan Makam Keramat di Rengel Tuban Diterjang Angin Puting Beliung, Berawal dari Mendung Hitam Pekat 

Angin puting beliung. (Foto: Dok. Relawan Bencana Kecamatan Rengel/Tugu Jatim)
Kondisi rumah warga yang terdampak angin puting beliung yang menerjang puluhan rumah dan makam di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Tuban, Kamis sore (22/09/2022). (Foto: Dok. Relawan Bencana Kecamatan Rengel)

TUBAN, Tugujatim.id – Sebanyak 21 rumah di wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Tuban, Kamis sore (22/09/2022) terdampak terjangan angin puting beliung. Bahkan, puluhan rumah ini ada yang mengalami rusak parah hingga rata dengan tanah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Sudarmaji dalam laporannya mengatakan, bencana alam angin puting beliung ini bermula saat mendung hitam pekat mulai muncul pada pukul 16.30 WIB.

Tak berselang lama, angin kencang pun mulai berembus. Semakin lama, kian cepat hingga menerjang pepohonan yang ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel. Akibatnya, puluhan rumah terdampak robohnya pohon.

Angin puting beliung. (Foto: Dok. Relawan Bencana Kecamatan Rengel/Tugu Jatim)
Dampak rumah warga kena angin puting beliung di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Tuban, Kamis sore (22/09/2022). (Foto: Dok. Relawan Bencana Kecamatan Rengel)

“Hujan deras yang disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang menimpa rumah,“ ujar Sudarmaji kepada Tugu Jatim, Jumat (23/09/2022).

Tak hanya rumah warga, salah satu makam keramat di desa setempat juga mengalami kerusakan pada cungkup makam Mbah Wage dikarenakan tertimpa pohon beringin. Selain itu, atap rumah maupun tembok rumah juga bernasib sama kena imbas bencana ini.

Angin puting beliung. (Foto: Dok. Relawan Bencana Kecamatan Rengel/Tugu Jatim)
Warga Tuban melihat dampak angin puting beliung di Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Tuban, Kamis sore (22/09/2022). (Foto: Dok. Relawan Bencana Kecamatan Rengel)

“Ada yang mengalami rusak parah maupun ringan. Beberapa lainnya juga tertimpa pohon yang roboh karena terjangan angin puting beliung,” terangnya.

Atas kejadian itu, BPBD Tuban telah mendatangi lokasi melakukan assessment kepada para korban. Untuk selanjutnya diberikan bantuan yang urgensi mendadak dibutuhkan korban.

“Kami sudah assessment. Insya Allah, hari ini akan kami berikan bantuan ke mereka,” ujarnya.