Timnas Indonesia U-20 vs Hongkong Menang 5-1, Cahya Supriadi Kolaps saat Duel

Timnas Indonesia U-20 vs Hongkong. (Foto: Dani Kristian/Tugu Jatim)
Pesepakbola Timnas Indonesia Rabbani Tasnim Siddiq berduel dengan pemain Hongkong Ellison Tsang dalam laga FC Asian Cup U-20 Qualifiers di Stadion Gelora Bung Tomo, Kota Surabaya, Jumat (16/09/2022). (Foto: Dani Kristian/Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Laga Timnas Indonesia U-20 vs Hongkong tampak memanas di Stadion Bung Tomo, Kota Surabaya, Jumat (16/09/2022). Tampil meyakinkan pada lanjutan Kualifikasi AFC U-20 Uzbekistan 2023, tim berjuluk Garuda Nusantara ini menang usai mengalahkan Timnas Hongkong dengan skor 5-1.

Pertandingan babak pertama Timnas Indonesia U-20 vs Hongkong itu berlangsung menekan pertahanan. Benar saja, pertahanan Timnas Hongkong sempat kalang kabut saat Alfriyanto Nico berusaha merangsek menuju gawang lawan.

Terus digempur Timnas Indonesia, pemain Hongkong harus memungut bola pada menit ke-10 setelah Rabbani Tasnim melakukan tendangan plessing yang menjurus tajam ke gawang lawan.

Setelah Rabbani, Alfriyanto Nico tidak mau kalah menjebol gawang Timnas Hongkong pada menit ke-22 setelah melakukan sprint dari sisi kiri pertahanan Timnas Hongkong.

Timnas Indonesia U-20 vs Hongkong. (Foto: Dani Kristian/Tugu Jatim)
Selebrasi gol pertama Timnas Indonesia dicetak Rabbani Tasnim Siddiq dalam laga FC Asian Cup U-20 Qualifiers di Stadion Gelora Bung Tomo, Kota Surabaya, Jumat (16/09/2022). (Foto: Dani Kristian/Tugu Jatim)

Dijebol 2 gol, pertahanan Timnas Hongkong melakukan evaluasi lewat kaptennya bernama Tang In Chim.

Pada menit ke-43, Hongkong harus menerima gawangnya dijebol kembali oleh gelandang serang Timnas Indonesia Zanadin Fariz lewat sundulan memanfaatkan umpan silang yang dilakukan Alfriyanto Nico.

Babak pertama, Timnas Indonesia menang 3-0. Pada babak kedua, permainan Indonesia tidak menurun sama sekali, terlihat beberapa kali peluang diciptakan anak asuh Shin Tae Yong pada awal-awal babak kedua.

Pada menit ke-63, kiper Timnas Indonesia mengalami benturan dengan kaptennya Ahmad Rusadi setelah pemain Hongkong melakukan tendangan bebas yang menjurus ke pertahanan Garuda. Akibatnya, Cahya Supriadi harus ditandu keluar dan dibawa ke rumah sakit setelah mengalami kolaps di tengah lapangan.

Timnas Indonesia U-20 vs Hongkong. (Foto: Dani Kristian/Tugu Jatim)
Pesepakbola Timnas Indonesia Cahya Supriadi berduel dengan Timnas Hongkong hingga tidak sadarkan diri dalam laga FC Asian Cup U-20 Qualifiers di Stadion Gelora Bung Tomo, Kota Surabaya, Jumat (16/09/2022). (Foto: Dani Kristian/Tugu Jatim)

Pada menit yang sama, ternyata wasit yang mengawal pertandingan Timnas Indonesia U-20 vs Hongkong yakni Rustam Luthfullin melihat Ahmad Rusadi handball di kotak penalti. Hal ini membuat Timnas Indonesia harus dihukum penalti.

Setelah mendapatkan gol penalti, kepercayaan diri pemain Hongkong mulai naik. Beberapa kali peluang Timnas Indonesia digagalkan bek Hongkong dan para gelandangnya.

Pada menit ke-80, gelandang serang potensial asal Persebaya Surabaya masuk ke lapangan menggantikan striker Arisa Ramadan Ahmad.

Masuknya Marselino membuat Indonesia bermain dengan skema 4-4-2. Tentunya dengan pengatur serangan yakni Marselino Ferdinand.

Pada menit ke-89, Marselino Ferdinand mencatatkan namanya di papan skor setelah melakukan skema umpan pendek dengan Robi Darwis, Marselino berhasil mengelabui bek kiri Timnas Hongkong.

Indonesia berhasil memimpin pertandingan skor 4-1, menuju penghujung pertandingan tepatnya pada menit ke-90 Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Rahmat Beri Santoso dilanggar pemain Hongkong. Marselino yang ditunjuk sebagai algojo penalti berhasil menuntaskan tugasnya.

Timnas Indonesia U-20 berhasil mempertahankan tren positif dengan mengalahkan Timnas Hongkong dengan skor 5-1.

Timnas Indonesia U-20 vs Hongkong. (Foto: Dani Kristian/Tugu Jatim)
Selebrasi gol kedua Timnas Indonesia dicetak Zanadin Fariz.(Foto: Dani Kristian/Tugu Jatim)

Sementara itu, pelatih Timnas Hongkong Cheung Kin Fung menyampaikan, timnya tidak menyerah di babak pertama.

“Mereka gagal dan pemain Indonesia sangat bersemangat di depan para suporternya. Kami tidak menyerah sama sekali sampai akhir,” katanya saat presscon after match.

Dia menyebutkan pertandingan hari ini sangat bagus dan akan dijadikan sebagai pengalaman berharga untuknya dan tim.

“Pertandingan hari ini sangat berharga bagi kami. Ini juga pengalaman bagi kami bertanding melawan Timnas Muda Indonesia yang mempunyai kecepatan dalam olah bola dan transisi pemain,” imbuhnya.

Rasa bangga ditunjukkan pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae Yong. Dia mengatakan, anak asuhnya sudah bekerja keras pada pertandingan hari ini.

“Tim sudah bekerja dengan keras meski kami tadi lihat Cahya mengalami cedera. Itu tidak membuat tim untuk tak menunjukkan permainan terbaik,” ucapnya.

Ditanya tentang lawan selanjutnya yaitu Timnas Vietnam, coach STY, sapaan akrabnya, akan membalaskan dendam pada Laga AFF lalu. Saat itu Timnas Vietnam bermain tidak sportif dan merugikan Garuda.

“Esok kami akan membalaskan dendam pada saat AFF lalu. Apalagi kami tadi bermain dengan lapis kedua, itu membuat tim inti kami sementara istirahat untuk fokus pada pertandingan melawan Vietnam,” tutupnya.

Penulis merupakan jurnalis Tugujatim.id dan fotografer Tugumalang.id yang liputan langsung Qualifiers AFC U-20 Asian Cup Uzbekistan 2023 di Kota Surabaya, Jawa Timur.