Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Mahasiswa, Tugu Media Group X Paragon Goes to IAI Al-Qolam

Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Mahasiswa, Tugu Media Group X Paragon Goes to IAI Al-Qolam

  • Bagikan
Fajrus Sidiq menyampaikan sambutan sebagai perwakilan dari Tugu Media Group
Fajrus Sidiq menyampaikan sambutan sebagai perwakilan dari Tugu Media Group dalam cara Goes to Campus IAI Al Qalam. (Foto: Aisyah Nawangsari)

MALANG, Tugujatim.id – Goes to Campus yang diprakarsai Tugu Media Group X Paragon kembali hadir memberikan pelatihan jurnalistik untuk mahasiswa. Kali ini, acara pelatihan tersebut digelar secara offline di Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Rabu (1/12/2021).

Acara tersebut diikuti oleh sebanyak 50 mahasiswa dari program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Acara berlangsung dengan tetap menjaga jarak dan protokol kesehatan.

Sebagai narasumber, hadir dua perwakilan dari Tugu Media Group, yakni Bayu Novanta selaku General Manager dan Fajrus Sidiq selaku wartawan, serta Citra Puspita Rani selaku Demand Creator Officer dari Paragon.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor III IAI Al-Qolam, Mudhofar mewakili Rektor yang saat itu tidak bisa hadir. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Fajrus Idris, perwakilan dari Tugu Media Group.

Bayu Novanta menyampaikan materi fotografi jurnalistik
Bayu Novanta menyampaikan materi fotografi jurnalistik. (Foto: Aisyah Nawangsari)

“Hari ini kita akan sama-sama belajar fotografi dan menulis berita,” ujar Fajrus dalam sambutannya.

Materi pertama dalam pelatihan tersebut adalah fotografi jurnalistik yang disampaikan oleh Bayu Novanta. Dalam materinya, dia menerangkan jenis-jenis foto jurnalistik dan apa yang membedakan foto jurnalistik dengan foto biasa.

“Dalam foto jurnalistik, jangan sampai estetik menghilangkan pesan yang ingin disampaikan dalam foto,” ujar Bayu.

Materi kedua adalah jurnalisme media massa oleh Fajrus Sidiq. Dia membagikan pengalamannya menulis berita di berbagai media. Fajrus juga mengajak mahasiswa untuk lebih kritis saat menentukan berita mana yang menarik dan mana yang penting untuk ditulis.

Citra Puspita Rani menyampaikan materi Personal Grooming
Citra Puspita Rani menyampaikan materi Personal Grooming. (Foto: Aisyah Nawangsari)

Materi terakhir disampaikan oleh Citra Puspita Rani, yaitu personal grooming. Dalam materinya, Citra menyampaikan pentingnya merawat diri baik bagi perempuan maupunl laki-laki untuk menciptakan kesan pertama yang baik.

“Penampilan mempengaruhi 55 persen dari kesan orang menilai kita pertama kali,” jelas Citra.

Selama dua setengah jam, para peserta aktif menyimak, berdiskusi, dan memberikan pertanyaan. Meski pelatihan berlangsung cukup lama, para peserta terus semangat hingga akhir acara. (*)

  • Bagikan