Tingkatkan Produksi Film Animasi Anak, KEK Singhasari Dorong Owner Studio Miliki IP Sendiri - Tugujatim.id

Tingkatkan Produksi Film Animasi Anak, KEK Singhasari Dorong Owner Studio Miliki IP Sendiri

  • Bagikan
Poster film animasi anak berjudul Roh Garuda Go. (Foto: IG @kek.singhasari/Tugu Jatim)
Poster film animasi anak berjudul Roh Garuda Go. (Foto: IG @kek.singhasari)

MALANG, Tugujatim.id – Untuk menggenjot film animasi anak, Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Singhasari saat ini terus memproduksi. Di antaranya, ada film animasi berjudul Roh Garuda GO, Blab-Blib-Blub-Bleb-Blob, hingga Kuku Rock You. Hal ini dilakukan untuk mendukung iklim usaha kreatif di Malang Raya.

Bahkan, film-film tersebut sudah bisa ditonton di saluran televisi digital milik Telkom Indonesia, yaitu IndiKids.

“Kami sudah lama tidak punya IP (Intellectual Property) lokal yang menjadi idola anak-anak. Malah anak-anak sekarang tahunya Upin Ipin, Doraemon, Mickey Mouse, punya Disney, Pixar. Jadi, kami harapkan dengan produk animasi ini, budaya kita bisa dimasukkan,” terang General Manager PT Intelegensia Grahatama selaku pengelola KEK Singhasari Kriswidyat Praswanto saat dikonfirmasi pada Sabtu (25/09/2021).

Selain itu, dia juga mengungkapkan, saat ini KEK Singhasari saat ini sudah menggandeng 8 studio animasi yang saat ini tergabung dalam program Kampung Animasi.

“Kami memfasilitasi dan menjembatani para studio animasi ini, salah satunya soal pembiayaan. Kami pertemukan antara pelaku usaha dengan perbankan. Studio animasi ini dari Malang semua. Akan kami kembangkan potensi di Malang Raya dulu, karena Malang ini gudangnya,” paparnya.

Kris mengatakan, dirinya optimistis dengan proyek ini karena melihat para studio ini memiliki potensi dan sudah sangat profesional.

“Karena itu, kami mendorong mereka untuk memiliki IP sendiri sehingga mereka memiliki hak atas kekayaan intelektual (HAKI). Jadi, mereka tidak hanya melayani order atau jasa animasi saja. Kalau mereka punya IP, produknya ini kalau mau diderivasi ke mana saja itu menghasilkan uang dan jadi passive income buat mereka,” tegasnya.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya sudah memiliki 3 IP.

“Sejauh ini sudah ada tiga IP yang sudah di-launching, yaitu Roh Garuda GO, Blab-Blib-Blub-Bleb-Blob, dan Kuku Rock You. Ini dikerjakan teman-teman sendiri di sini dan sudah dituangkan di Usee TV serta IndiKids,” sambungnya.

Terakhir, Kris mengatakan, Kampung Animasi menargetkan 100 IP lokal sehingga para animator asal Malang bisa bersaing di pasar nasional, bahkan internasional.

“Kalau teman-teman ini konsisten dan mereka terus didorong bisnisnya, kami yakin itu bisa tercapai. Kami akan fasilitasi, akselerasi, dan lain-lainnya,” ujarnya.

Dia berharap ini dapat dikembangkan ke depannya.

“Karena kami berharap ini bisa membuka mata mereka bahwa ini layak dikembangkan dan dijual,” ujarnya.

  • Bagikan