Tip Interview Kerja agar Tidak Gugup, Gunakan Teknik STAR

  • Bagikan
Ilustrasi bertanya tentang teknik STAR saat interview atau wawancara kerja. (Foto: pexels)
Ilustrasi bertanya tentang teknik STAR saat interview atau wawancara kerja. (Foto: pexels)

Tugujatim.id – Apakah kamu termasuk orang yang selalu gugup saat berbicara di depan umum? Saat kita diharuskan untuk berbicara di depan banyak orang, sangatlah wajar jika muncul rasa gugup atau takut.

Dikutip dari halaman halodoc.com, di dunia medis hal tersebut disebut dengan nama glossophibia. Orang yang mengalami glossophobia akan mendapatkan respons pertarungan dalam dirinya. Hal ini merupakan cara tubuh bersiap-siap untuk membela diri terhadap ancaman yang dirasakan.

Begitu pula pada saat kamu mendaftarkan diri dalam suatu pekerjaan, tentu saja kamu akan menghadapi tahap interview. Kamu mungkin akan merasakan glossophobia sebelum interview dimulai. Agar kamu dapat berbicara lancar dan tampil maksimal saat interview, teknik STAR ini akan membantu kamu.

1. S- Situation

Ceritakanlah pengalaman kamu yang terkait dengan situasi yang ditanyakan. Contohnya seperti kondisi kerjamu, serta komunikasimu dengan rekan kerja. Kamu tidak perlu menceritakan secara rinci, cukup jelaskan dengan singkat situasi yang kamu hadapi tersebut.

2. T – Task

Situasi yang sudah kamu ceritakan sebelumnya merupakan pembuka terhadap apa yang harus dilakukan dalam situasi tersebut. Paparkanlah tugas dan tanggung jawab kamu dalam situasi tersebut, serta apa tuntutan atau harapan perusahaan kepada kamu.

3. A – Action

Setelah menjelaskan tugas dan tanggung jawab kamu dalam sebuah situasi, selanjutnya kamu bisa mulai menjelaskan apa yang kamu lakukan dalam menghadapi situasi tersebut. Kamu bisa menjelaskan semuanya secara rinci, tentu saja tanpa melebih-lebihkan ya.

4. R – Result

Dan yang terakhir, kamu perlu menjelaskan apa hasil yang didapatkan dari tindakan yang telah kamu lakukan. Sertakan pula apa saja yang berhasil kamu rubah untuk memperbaiki situasi tersebut. Kamu juga bisa menggunakan data dan angka agar cerita kamu konkret.

Nah itu dia penjelasan mengenai teknik STAR yang dapat kamu gunakan saat menghadapi pertanyaan ketika interview. Pastikan untuk berlatih terlebih dahulu ya agar kamu dapat berbicara lancar nantinya. Semoga bermanfaat! (Ifa Nadhifah Syah Putri/gg)

  • Bagikan