Tip Mengisi Daya Baterai Handphone agar Baterai Tidak Cepat Rusak

  • Bagikan
Ilustrasi mengisi daya baterai handphone dengan benar. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi mengisi daya baterai HP dengan benar. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Baterai handphone merupakan salah satu bagian penting dan utama, tanpa daya sumber listrik, HP tidak bisa dioperasikan. Maka dari itu, merawat baterai dengan baik dan benar merupakan hal yang perlu diperhatikan.

Apalagi baterai handphone original mempunyai harga yang tinggi. Jadi, sebisa mungkin jangan sampai baterai handphone menjadi rusak. Salah satu yang perlu disimak ialah cara charging handphone yang baik dan benar agar baterai tetap awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Apa saja?

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Pakai charger bawaan handphone kamu!

Semua handphone mempunyai charger bawaan yang sudah dibekali sejak pertama kali membuka box. Masing-masing charger handphone punya arus listrik masing-masing yang disesuaikan dengan kapasitas handphone tersebut.

Selain itu, secara komponen juga sudah disesuaikan dengan tipenya agar charger, handphone dan baterainya dapat dipakai dan dioperasikan dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Yang perlu dicatat, jangan terlalu sering memakai charger yang bukan dari bawaan handphone, karena banyak perbedaan komponen dan arus listrik yang dialirkan. Hal itu membuat baterai handphone kita cepat terganggu dan rusak.

2. Jangan menunggu baterai HP habis, baru melakukan charging

Sebagian dari kita kadang menunggu baterai habis dulu sampai 0 persen, sebelum melakukan charging. Hal itu justru tidak disarankan, sisakan baterai handphone setidaknya 30 persen, lalu segera charging kapasitas baterainya agar baterai handphone tetap awet dan bisa bertahan lama. Kebiasaan semacam itu sangat berpengaruh pada usia pakai baterai di waktu mendatang.

3. Jangan terlalu sering pakai power bank, kenapa?

Apakah kamu punya power bank? Apakah kamu sering memakainya saat baterai handphone sudah menipis? Perlu dicatat, bahwa melakukan charging dengan power bank juga tidak terlalu baik untuk kesehatan baterai. Hal itu karena alirab listrik dan kestabilan yang dimiliki power bank kadang tidak sesuai dengan handphone kita, hal itu membuat baterai cepat rusak.

4. Sering charging HP melalui USB laptop? Baca ini baik-baik

Ada orang yang gemar melakukan charging baterai handphone melalui USB laptop. Hal itu dilakukan tatkala situasi sedang sibuk kerja memakai laptop dan kita membutuhkan handphone namun baterainya menipis.

Kebiasaan semacam itu juga perlu disudahi, karena arus yang dialirkan laptop kepada handphone juga tidak stabil dan berpotensi mengalami kerusakan baterai pada handphone. Apalagi laptop biasanya juga membawa hawa panas dari mesin yang sudah dipakai sekian jam itu.

5. Berhenti pakai handphone saat masih charging

Di zaman digital dan maraknya game online di android. Kadang kita mamainkan handphone sambil bermain game, banyak kita temukan pemuda-pemudi yang melakukan semacam itu di warung kopi atau kafe-kafe tempat kongkow sehari-hari. Kebiasaan semacam itu juga kurang bagus, karena aliran pengisian dan aliran pengeluaran daya baterai bekerja bersamaan, membuat baterai handphone cepat bocor.

Itulah tips menjaga baterai handphone agar awet dan bertahan lama, terutama tips-tips saat melakukan charging baterai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan