Tips agar Berat Badan Tidak Naik Pasca-Lebaran - Tugujatim.id

Tips agar Berat Badan Tidak Naik Pasca-Lebaran

  • Bagikan
Ilustrasi perempuan mengecek lingkar perut dan mengetahui penambahan berat badan pasca-lebaran. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Lebaran menjadi salah satu momen yang membuat kita ingin segera melahap berbagai macam jenis makanan. Setelah lama menjalani puasa di Bulan Suci Ramadhan selama satu bulan, kerinduan mencicipi makanan lezat pun begitu menumpuk.

Hal itu membuat saat momen lebaran sebagian dari kita tidak bisa mengendalikan intensitas makan, sehingga dampaknya mempengaruhi bertambahnya berat badan. Bila masih dalam kadar ideal dapat dimaklumi, namun tatkala kenaikan berat badan tersebut begitu signifikan, akan mempengaruhi penampilan juga.

Tugu Jatim telah merangkum sekian tips agar berat badan tidak akan bertambah saat menikmati dan pasca momen lebaran. Ada semacam kepedulian dan perhatian untuk mengatur pola makan yang baik dan teratur. Apa saja?

1. Tidak malas bergerak

Hal yang perlu diperhatikan dan terus dijaga yakni olahraga. Olahraga dapat menjadi kegiatan untuk mengontrol dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Tidak perlu olahraga yang berat, senam atau jalan selama 30 menit sudah cukup membuat lemak dalam tubuh terbakar.

Selain itu, naik turun tangga juga bisa membakar kalori, apalagi menjalankan silaturahmi dan berkunjung ke rumah kerabat yang satu dengan kerabat yang lain untuk memeriahkan momen lebaran. Kendati perlu diperhatikan untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19.

2. Makan sebelum pergi

Usahakan makan dan mengisi perut terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Hal itu karena saat perjalanan membutuhkan energi yang banyak, sehingga makanan yang kita konsumsi sebelum pergi menjadi bahan bakar ideal untuk melakukan perjalanan. Hal itu juga mengurangi kebiasaan makan saat setelah sampai di lokasi, biasanya sudah dalam kondisi lelah, lalu tertidur dengan posisi setelah makan. Dapat menambah berat badan naik dengan signifikan.

3. Memakai piring kecil saat makan

Salah satu cara untuk membatasi pola makan agar tetap teratur yakni dengan memakai piring yang berukuran kecil. Hal itu membuat komposisi makanan yang kita ambil juga tidak terlalu banyak, bermanfaat untuk mencegah diri terlalu banyak menghabiskan makanan-makanan di atas meja saat merayakan momen lebaran.

4. Mengunyah sebanyak 33 kali

Sesuai anjuran dari Nabi Muhammad SAW yakni saat mengunyah makanan perlu 33 kali, agar makanan yang bakal masuk ke perut sudah dalam keadaan halus dan lembut, sehingga tidak mempersulit kerja lambung dan ginjal untuk menyaring dan mengolah makanan itu. Membuat kita lebih cepat kenyang dan tahu kapan harus berhenti makan.

5. Tahan godaan

Di atas meja ruang tamu saat momen lebaran pasti banyak menu yang disuguhkan. Salah satu cara agar kita tidak mengalami kenaikan berat badan adalah menahan godaan makan. Tetap konsisten dengan pilihan makanan yang kita butuhkan saja.

Itulah 5 tips agar kita tidak mengalami kenaikan berat badan saat merayakan momen lebaran dan pasca lebaran dengan keluarga besar di rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca.

  • Bagikan