Tips agar Bisnis Tetap Laris dan Laku Keras Pasca-Lebaran - Tugujatim.id

Tips agar Bisnis Tetap Laris dan Laku Keras Pasca-Lebaran

  • Bagikan
Ilustrasi bisnis tetap lancar dan tetap laris pasca-Lebaran dan sudah lepas dari bulan Ramadhan. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Ramadhan menjadi salah satu momen masyarakat berbondong-bondong berbelanja untuk memenuhi kebutuhan di hari raya Lebaran, seperti membeli sandang, pangan, dan kebutuhan lain. Tak ayal jika saat Ramadhan penjualan pakaian, elektronik, hingga makanan memperoleh daya jual yang tinggi.

Namun setelah Lebaran, tingkat penjualan barang-barang tersebut cenderung menurun dibandingkan ketika bulan Ramadhan.

Maka dari itu, Kamu sebagai pelaku bisnis perlu mengetahui cara meningkatkan penjualan usai Ramadhan.

1. Cari Tahu Peluang Bisnis Pasca Lebaran

Fokus pada penjualan produk pasca lebaran, manfaatkan momen yang ada, lakukan inovasi pada produk dan layanan. Hadirkan produk-produk yang kini banyak dibutuhkan masyarakat

Seperti momen back to school setelah lebaran. Kamu bisa menjual berbagai perlengkapan sekolah seperti sepatu, seragam, buku tulis, dan alat sekolah lainnya. Hal ini tentunya dapat menaikkan penjualan pasca Lebaran.

2. Atur Strategi Promosi

Setelah anda menganalisis segmen apa yang akan diangkat pasca Lebaran, Anda dapat mengatur strategi promosi dan mengadakan diskon yang menarik. Hal ini tentu saja dapat menarik minat konsumen untuk kembali berbelanja.

3. Promosi di Sosial Media

Aktif di sosial media dan lakukan promosi di dalamnya, cara tersebut salah satu agar penjualan tetap stabil. Kamu bisa membuat give away dengan tema liburan Lebaran. Misalnya mengharuskan pelanggan untuk mengunggah keseruan momen saat libur Lebaran dengan menggunakan beberapa produk yang Anda jual dan menawarkan hadiah untuk foto terbaik dari pelanggan. Hal ini dapat memperbesar peluang Anda untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

4. Buat Strategi Jual Secara Paket

Kamu bisa menjual kembali produk yang numpuk akibat kurang laku. Caranya dengan menjual paket 1 pasang pakaian dengan harga yang lebih murah atau mengkombinasikan pakaian yang kurang peminat dengan pakaian yang banyak peminat dengan harga yang cukup atau dinaikkan sedikit. Tujuan dari strategi ini adalah untuk menghabiskan stok barang yang kurang laku.

5. Buat Pelanggan Merasa Istimewa

Spesialkan pelanggan agar tetap menjadi pelannggan setia. Kamu bisa mengirimkan pesan ucapan “Selamat Lebaran” atau “Selamat Hari Raya Idul Fitri” bagi pelanggan-pelanggan yang kamu miliki. Hal ini tentu saja bisa membuat pelanggan merasa di istimewaakan, dan bisa diingat oleh pelangan sehingga bisa menarik minat untuk kembali berbelanja.

  • Bagikan