5 Fakta Jerapah yang Belum Banyak Diketahui Orang - Tugujatim.id

5 Fakta Jerapah yang Belum Banyak Diketahui Orang

  • Bagikan
Jerapah, binatang yang memiliki kaki depan lebih panjang dibandingkan kaki belakang. (Foto: Pixabay)
Jerapah, binatang yang memiliki kaki depan lebih panjang dibandingkan kaki belakang. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Jerapah mempunyai keunikan dari hewan lainnya, yaitu lehernya yang amat panjang. Selain itu, jerapah juga mempunyai tanduk kecil yang tidak diketahui oleh banyak orang. Termasuk hewan herbivora atau pemakan tumbuhan, Tugu Jatim telah merangkum 5 fakta unik mengenai jerapah. Apa saja?

1. Jerapah Menjadi Hewan Darat Tertinggi

Ternyata jerapah dinobatkan menjadi hewan darat tertinggi di dunia, dengan tinggi mencapai rata-rata 5,7 meter. Dengan jumlah ruas tulang leher sebanyak 7, sama seperti milik manusia dan hewan lainnya. Leher jerapah menjadi alasan mengapa jerapah menjadi hewan tertinggi di dunia.

2. Motif Polkadot pada Tubuh Jerapah Berbeda-Beda

Motif polkadot pada tubuh jerapah ternyata tidak ada satupun yang sama. Mirip seperti sidik jari manusia yang menjadi khas setiap orang, begitu pula motif polkadot pada tubuh jerapah. Walau hanya dua jerapah, keduanya tetap tidak memiliki kesamaan motif polkadot dari segi manapun.

3. Jerapah Hanya Perlu Tidur 20 Menit

Ada hal yang unik lagi. Ternyata jerapah hanya memerlukan waktu istirahat sebanyak 20 menit saja di malam hari. Kalau tidur bisa berbaring atau berdiri. Bila siang hari jerapah tidur hanya memerlukan waktu 3-5 menit. Kemudian dilanjut beraktivitas dan mencari makan lagi.

4. Punya Tanduk, Kamu Tahu?

Sebagian besar dari kita pasti tidak mengetahui kalau jerapah itu mempunyai tanduk. Tanduk jerapah terbuat dari tulang rawannya. Tanduk jerapah memang tidak seberapa terlihat, karena tertutup kulit dan bulu-bulunya yang berwarna kuning. Tapi, kita dapat membedakan jerapah jantan dan betina melalui tanduknya.

5. Kaki Depan Jerapah Lebih Panjang

Kalau dilihat sekilas, kaki jerapah yang bagian depan atau belakang terlihat sama ya. Tapi kalau diamati lebih seksama, kakinya berbeda panjang. Lebih panjang yang depan, gaes. Fungsinya untuk menahan otot lehernya yang panjang itu, dipakai untuk mendaki juga.

Itulah 5 fakta unik dan menarik mengenai jerapah. Apakah kamu sudah mengetahui fakta-fakta itu? Atau hal itu terlihat baru? Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Bagikan