Tips  

Tips Berkendara Motor saat Musim Hujan

Pengendara melintas di jalanan saat musim hujan. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Pengendara melintas di jalanan saat musim hujan. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Berkendara sepeda motor saat musim hujan memang memerlukan kehati-hatian. Genangan air dan jalan yang licin akibat hujan berpotensi membahayakan pengendara. Untuk itu, Kanit Kamsel (Keamanan dan Keselamatan) Satlantas Polres Bojonegoro M. Thohir memberikan beberapa tips untuk para pengendara motor saat musim hujan.

1. Menyiapkan Perlengkapan Tahan Air

Pilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai mengganggu saat berkendara. Gunakan sarung tangan dan sepatu boot yang tahan air. Tujuannya untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

2. Gunakan Fungsi Lampu pada Motor

Kanit Kamsel meminta pengendara menyalakan lampu depan meski siang hari sekalipun. Sebab, lampu depan motor berguna untuk melihat kondisi di depan dan bisa dilihat oleh pengendara lainnya.

3. Perhatikan Kondisi Jalan

Mengemudi saat musim hujan lebat dapat memungkinkan genangan di beberapa titik. Selain itu, air yang menggenang juga dapat menutup saluran got hingga trotoar. Untuk itu, pengendara motor dapat memeriksanya dengan melihat garis jalan.

“Hati-hati berkendara di jalan bergelombang yang biasanya akan tergenang air,” imbau Thohir.

4. Jangan Ubah Body Motor

Thohir menyebut agar berkendara tetap aman, jangan ganti body motor, seperti mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil dari umumnya.

“Apalagi di musim hujan, bentuk ban yang kecil dengan kondisi jalan yang licin maka berpotensi mengakibatkan motor bisa tergelincir,” ujarnya.

Selain itu, pasang spion di kedua sisi, yaitu kanan dan kiri, agar bisa melihat kondisi di belakang jika ingin menyalip atau ketika akan belok.

5. Berteduh

Tips terpenting lainnya adalah jangan memaksakan berkendara motor di tengah kondisi hujan lebat. Sebab, angin kencang akan membuat Anda tidak stabil dalam berkendara. Bahkan, Anda butuh tenaga ekstra untuk menyeimbangkan kendaraan agar tidak oleng. Untuk itu berteduhlah hingga hujan sedikit reda.