Tugujatim.id – Masyarakat Indonesia tengah gandrung dengan pengubahan atau modifikasi motor. Mulai ubahan ringan hingga ekstrem banyak dijumpai di jalanan. Motor yang jadi bahan modifikasi juga beragam, mulai dari CC kecil hingga CC besar seperti Honda PCX atau Yamaha NMax. Salah satu yang cukup digandrungi adalah modifikasi motor Nmax.
Modifikasi motor Nmax banyak dijumpai karena selain memiliki bodi motor yang besar, tenaga yang disemburkan juga cukup gahar. Tidak hanya itu, penjualan motor Yamaha Nmax juga cukup laris di Tanah Air. Bahkan, motor Yamaha Nmax juga digunakan sebagai motor dinas bagi beberapa instansi pemerintahan. Tidak heran, Yamaha menjadikan Nmax sebagai salah satu anak emasnya.
Melihat antusiasme publik terhadap motor Nmax, tidak heran banyak pabrikan membikin sejumlah aksesori tambahan sebagai bahan modifikasi motor Yamaha Nmax. Malah saking banyaknya part modifikasi yang tersedia justru membuat bingung bagaimana menentukan konsep modifikasi motor Nmax.
Hematnya, keputusan untuk memodifikasi motor Nmax dapat diawali dengan menentukan budget biayanya. Misal berapa uang yang diperlukan untuk menyulap bagian depan motor, kaki-kaki motor, atau aksesori lain seperti spion atau knalpot. Selain part modifikasi, tentukan pula warna apa yang akan digunakan untuk bahan modifikasi motor agar lebih manis dan menarik.
Selanjutnya, tentukan selera saat akan memodifikasi motor. Selera tersebut diterapkan agar budget yang dikeluarkan tidak membengkak. Misalnya suka dengan selera standar pabrikan. Maka pertahankan setelan standar dari pabrikan seperti tampilan warna atau jeroan mesin. Biasanya, penyuka selera standar pabrikan hanya beberapa bagian saja dari motor seperti ukuran velg atau ukuran ban yang dipakai.
Bila tidak puas dengan selera standar, selera racing bisa jadi pilihan modifikasi selanjutnya. Livery motor bisa ditambahkan, berikut aksesori lain untuk menambah aura balap. Atau bahkan ingin mengubah setelah mesin agar performa yang didapatkan lebih kencang.
Setelah selera modifikasi telah ditentukan, selanjutnya adalah tahap persiapan yang matang. Pikirkan bagaimana dana untuk modifikasi bisa didapatkan dan mengelola budget dengan efektif dan maksimal. Tanpa selera yang jelas, bisa saja budget yang sudah disiapkan justru terbuang percuma, bahkan hasil modifikasi terlihat kurang menarik.
Ego yang besar bisa jadi penyebab modifikasi motor tidak maksimal. Berbagai part motor yang dirasa menarik dan bagus dibeli begitu saja tanpa memikirkan konsep yang jelas. Hal ini jelas berbeda dengan mereka yang punya konsep matang untuk modifikasi motor. Mereka bisa memilih mana barang yang layak dibeli dan dipasangkan pada motornya.
Kembali soal konsep. Bodi motor bisa menjadi pilihan awal bila ingin modifikasi. Beberapa ubahan ringan dapat diterapkan untuk mengubah tampilan motor lebih menarik. Misalnya spion motor diganti dengan ukuran yang lebih estetik. Atau ukuran ban diganti dengan ban yang lebih besar. Mungkin juga mengganti stiker motor sesuai dengan warna kesukaan.
Selain konsep yang sudah ada, ada konsep yang sedang ramai digandrungi. Konsep itu bernama predator. Konsep ini mengusung tampilan motor yang lebih besar dengan pernak-pernik berukuran gambot. Mirip dengan alien pada film Alien vs Predator. Diler Yamaha pun menyediakan motor Nmax gambot dengan tampilan jenis predator ini. Konsumen cukup memilih sesuai dengan seleranya tanpa perlu belanja part-part yang diinginkan.
Terakhir, tentukan batas maksimal modifikasi. Jangan sampai demi memenuhi hasrat modifikasi, seperti modifikasi motor NmAx justru membebani pengeluaran sehari-hari.