Tuban Masuk Zona Oranye bersama 29 Kabupaten/Kota di Jatim - Tugujatim.id

Tuban Masuk Zona Oranye bersama 29 Kabupaten/Kota di Jatim

  • Bagikan
Pemeriksaan rapid test antigen yang dilakukan petugas kesehatan saat razia PPKM Mikro di Tuban beberapa waktu yang lalu. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Pemeriksaan rapid test antigen yang dilakukan petugas kesehatan saat razia PPKM Mikro di Tuban beberapa waktu yang lalu. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kabupaten Tuban kembali masuk pada zona oranye Covid-19. Predikat tersebut menandai Bumi Wali menjadi satu di antara daerah dengan tingkat penularan sedang Covid-19 .

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten setempat, Bambang Priyo Utomo. Pria yang akrab dipanggi Bambang ini menuturkan jika Tuban kembali ke zona oranye lantaran kasus terkonfirmasi Covid-19 cenderung meningkat. Bahkan, secara kumulatif, berdasarkan peta sebaran Covid-19 tertanggal 29 April, tercatat terdapat 3.558 kasus.

“Beberapa hari terakhir kasus baru mulai ada lagi,” kata Bambang, Jumat (30/4/2021).

Bambang menambahkan, faktor lain yang menyebabkan Tuban masuk ke kawasan tingkat penularan sedang bersama bersama 29 kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur dipicu nilai dari tes swab tingkat provinsi yang menurun.

“Iya ada pengaruhnya, semula 1.5 kini menjadi 1.03. Jadi semua kabupaten/kota terpengaruh,” ungkap Mantan Kepala Puskemas Tambakboyo ini.

Tak hanya itu, angka kematian akibat virus corona cukup tinggi yaitu 11 persen. Menyikapi hal itu, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

“Patui semua edaran pusat sampai kabupaten! Demi kebaikan kita bersama,” pinta Bambang.

Peta sebaran zonasi Covid-19 di Jatim. (Foto: Dokumen)
Peta sebaran zonasi Covid-19 di Jatim. (Foto: Dokumen)

Sebatas diketahui, total kasus positif Covid-19 di Jatim hingga saat ini mencapai 146.808 kasus di mana menyebabkan peta zonasi penyebaran Covid-19 di Jatim kembali berubah.

Sebanyak 29 daerah di Jatim kini masuk zona oranye Covid-19. Sementara 9 daerah lainnya masuk zona kuning.

29 kabupaten/kota di Jatim yang masuk zona oranye tersebut di antaranya Kabupaten Kediri, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kota Kediri, Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kota Pasuruan, Kota Malang, Nganjuk, Ngawi, Kota Batu, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Madiun, Pacitan, Jombang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Tulungagung, Kota Probolinggo, Jember, Gresik, Banyuwangi, Situbondo, Kabupaten Mojokerto, Tuban.

Sedangkan 9 kabupaten/kota yang masuk zona Kuning di antaranya yakni Pamekasan, Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Sampang, Sumenep, Lumajang, Bojonegoro, Bangkalan dan Lamongan.

  • Bagikan