Tugas di PON XX Papua, Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Batal Hadiri Pembukaan Hotel Grand Mercure Malang Mirama - Tugujatim.id

Tugas di PON XX Papua, Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Batal Hadiri Pembukaan Hotel Grand Mercure Malang Mirama

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat berkunjung ke Grand Mercure Malang, beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat berkunjung ke Grand Mercure Malang, beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana sudah lama merencanakan menghadiri acara pembukaan Hotel Grand Mercure Malang Mirama di Jalan Raden Panji Suroso Nomor 7 Blimbing, Malang, Jawa Timur. Apalagi pemilik hotel itu adalah teman akrabnya Yohan Setia.

Yohan menginformasikan bahwa acara pembukaan hotelnya itu pada Minggu pagi (10/10/2021). Untuk itu, dia mengundang Dr Aqua dan berharap bisa meluangkan waktu untuk menghadirinya.

Pada Senin lalu (27/09/2021) melalui WhatsApp (WA), Yohan mengirimkan undangannya. Disertai pesan, “Selamat siang Pak Aqua. Mohon izin mengirimkan undangan kegiatan soft opening hotel kami di Malang. Semoga bapak berkenan hadir. Terima kasih banyak Pak Aqua”.

Saat mendapat undangan itu, Dr Aqua langsung merespons. Menyampaikan niat dan rencananya untuk hadir. Sekaligus ingin menyaksikan acara bersejarah karena Hotel Grand Mercure Malang Mirama merupakan hotel yang terbesar di daerah Malang Raya.

Sebelumnya pada Jumat (20/08/2021) saat sekitar 4,5 jam di Kota Malang, Dr Aqua sengaja mengalokasikan waktu mampir ke Hotel Grand Mercure Malang Mirama yang pembangunannya dalam tahap penyelesaian. Waktu itu General Manager hotel tersebut Sugito Adhi yang menemuinya.

Saat akan mampir ke hotel yang megah tersebut, Dr Aqua sudah komunikasi sama Yohan. Menyampaikan posisinya sedang di Malang.

“Pak Aqua berkenan mampir di Hotel Grand Mercure Malang Mirama? Kira-kira pukul berapa bapak mau ke sana. Nanti saya kontak Pak Sugito dan minta beliau menghubungi bapak,” tutur Yohan ramah.

Pengusaha muda yang sukses mengembangkan bisnisnya itu pernah menyampaikan kepada Dr Aqua bahwa dia sedang membangun hotel bintang lima di Kota Malang. Pengoperasiannya direncanakan pada 2021.

“Hotel Grand Mercure Malang Mirama adalah ‘rumah’ Pak Aqua di Malang. Jadi setiap saat kalau bapak ke kota itu silakan menginap di sana. Tolong Pak Aqua kontak saya,” ujar Yohan beberapa waktu lalu.

Selama ini kalau ke Surabaya, Dr Aqua sering menginap di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya milik Yohan. Pemilik belasan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jawa Timur tersebut selalu memberikan kamar yang terbaik kepada bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu.

Menurut Yohan, Hotel Grand Mercure Malang Mirama mulai dioperasikan secara terbatas (soft opening) pada Minggu (10/10/2021). Karena masih suasana pandemi Covid-19 sehingga tamu yang diundang jumlahnya sedikit.

Dr Aqua Dwipayana (kiri) dan Yohan Setia (tengah).(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana (kiri) dan Yohan Setia (tengah).(Foto: Dokumen)

“Saya akan undang Pak Aqua saat ‘soft opening’ tersebut. Semoga bapak bisa hadir dan menginap sebagai tamu kehormatan kami bersama tamu-tamu lainnya,” kata Yohan yang merupakan pengusaha muda yang sukses.

Optimis Ramai

Pria yang rendah hati itu optimistis hotelnya bakal ramai. Apalagi sebagai satu-satunya hotel bintang lima di Kota Malang, lokasinya sangat strategis, dekat ke berbagai sarana umum. Antara lain Bandara Abdulrachman Saleh, lapangan golf Araya, dan gerbang tol.

Saat berada di Hotel Grand Mercure Malang Mirama, atas pesan Yohan, Sugito mengajak Dr Aqua keliling hotel tersebut. Masih banyak tukang yang kerja. Semuanya pakai helm dan rompi untuk keselamatan selama bekerja di proyek hotel tersebut.

Sugito yang sebelumnya selama delapan tahun menjabat sebagai General Manager Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, menceritakan satu per satu fasilitas hotel tersebut. Sambil menunjukkan wujudnya.

“Hotel Grand Mercure Malang Mirama yang lokasinya sangat strategis dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektare. Mampu menampung 400 mobil untuk parkir. Hal itu memberikan kenyamanan kepada seluruh tamu, termasuk saat ada acara besar,” jelas Sugito yang mulai 1 April 2021 posisinya sebagai General Manager Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya digantikan oleh Andreas Riyadi.

Pria ramah itu melanjutkan, seluruhnya ada 264 kamar termasuk kamar President Suite yang luasnya 182 m2. Sedangkan yang lainnya adalah Deluxe, Deluxe Executive, Junior Suite, dan Executive Suite. Totalnya 16 lantai.

Memiliki tiga resto yaitu Trimurti, Lan Hua, dan Ebisu. Selain itu, ada Coffee Cafe, Sky Lounge, dan Executive Lounge. Juga dilengkapi dengan sarana olahraga dan kolam renang. Juga ada 11 ruang rapat dan satu Grand Ballroom. Kapasitas ruangannya mulai dari 45-2.200 orang.

“Meski belum dioperasikan namun sudah banyak yang menanyakan kamar dan ruangan pertemuan. Terutama untuk pernikahan. Bahkan, telah ada yang memesan tempatnya,” terang Sugito.

Video dan Foto-Foto

Saat pengoperasian awal, hotel yang dibangun selama 24 bulan itu hanya mengoperasikan 66 kamar di tiga lantai, yakni lantai 5, 6, dan 7. Selain itu, fasilitas olahraga dan kolam renang.

Sedangkan restoran yang buka adalah Trimurti dan Ebisu. Juga Sky Lounge, dan Executive Lounge.

“Mohon doa dan dukungannya Pak Aqua agar Hotel Grand Mercure Malang Mirama banyak tamunya. Saya bersama seluruh jajaran akan memberikan layanan terbaik kepada semua tamu,” pungkas Sugito.

Selesai berkeliling hotel itu waktunya hampir bersamaan dengan waktu salat Jumat. Dr Aqua dan Sugito bersama-sama salat di Masjid Al Falah yang berada di sebelah Hotel Grand Mercure Malang Mirama.

Setelah itu Dr Aqua pamit ke Sugito. Melanjutkan perjalanan ke Surabaya untuk silaturahim ke teman-temannya. Itu dilakukan pria yang hobi membaca ini sebelum sorenya kembali ke Jakarta.

Melihat potensi Kota Malang dan sekitarnya Yohan optimistis Hotel Grand Mercure Malang Mirama miliknya bakal ramai, termasuk tamu dari luar kota. Apalagi akses ke Malang sekarang ini lebih mudah karena ada jalan tol.

“Saya yakin Hotel Grand Mercure Malang Mirama akan ramai dikunjungi tamu, termasuk dari luar kota Malang. Akses yang mudah membuat banyak orang dari luar kota datang ke Kota Malang,” ujar Yohan.

Selasa sore (05/10/2021), Yohan mengontak Dr Aqua lewat WA. Menanyakan rencananya ke Malang untuk menghadiri acara pembukaan Hotel Grand Mercure Malang Mirama.

“Selamat sore Pak Aqua. Mohon izin, untuk kamar mau saya pesankan mulai hari apa bapak di Malang? Rencananya berapa malam? Mohon petunjuk Pak Aqua. Makasih,” ujar Yohan.

Merespons Yohan, Dr Aqua menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena Rabu dini hari (06/10/2021) harus ke Timika, Papua. Agenda utamanya melihat secara langsung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Bergabung dengan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Marciano Norman yang sudah lebih dulu berada di Papua.

“Pak Yohan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak dapat menghadiri acara peresmian Hotel Grand Mercure Malang Mirama milik bapak. Saya mendapat tugas ke Timika untuk menghadiri acara PON XX Papua. Setelah kembali dari sana, pada kesempatan pertama saya akan ke Malang dan menginap hotel bapak. Semoga acaranya lancar dan hotelnya selalu penuh. Aamiin…” ungkap Dr Aqua.

Sebagai pengganti ketidakhadiran dirinya, Dr Aqua akan mengirimkan karangan bunga pada acara tersebut. Dia telah minta tolong kepada teman yang tinggal di Malang untuk memesankannya.

Yohan sangat memaklumi hal itu. Memenuhi permintaan Dr Aqua, dia akan minta tolong Sugito untuk mengirimkan kepada Staf Ahli Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat tersebut video dan foto-foto acara pembukaan hotelnya.

“Siap Pak Aqua. Tidak apa-apa. Saya sangat memahaminya. Doa bapak sudah sangat berarti bagi kami. Semoga perjalanan dan semua kegiatan Pak Aqua di Papua lancar,” pungkas Yohan. (*)

  • Bagikan