Ular Piton 3,5 Meter Melingkar di Tumpukan Kayu Belakang Rumah Warga Kembangbilo Tuban 

Ular Piton 3,5 Meter Melingkar di Tumpukan Kayu Belakang Rumah Warga Kembangbilo Tuban 

  • Bagikan
Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban melakukan evakuasi ular piton sepanjang 3,5 meter di belakang rumah warga Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban.
Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban melakukan evakuasi ular piton sepanjang 3,5 meter di belakang rumah warga Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban. (Foto: Dokumen/BPBD Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Warga Desa Kembangbilo, Kabupaten Tuban, digegerkan dengan seekor ular sowo kembang atau ular piton yang berkeliaran di lingkungan pemukiman rumah warga, Senin (3/1/2022) dini hari.

Reptile yang diperkirakan panjang tubuhnya 3,5 meter ini ditemukan pertama kali oleh pemilik rumah, Dita Agung Purnomo, yang berada ditumpukan kayu di belakang rumahnya.

Hewan yang terkenal dengan nama ular sanca ini, ditengarai usai memakan hewan unggas milik warga. Karena meresahkan, pemilik rumah mencoba mencarinya. Dan, ternyata ular itu bersembunyi di balik tumpukan kayu.

Karena khawatir, akan bahaya dan mengganggu aktivitas warga, Dita melaporkan hal itu kepada Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban. Dia meminta bantuan untuk evakuasi ular.

“Kita dapat laporan warga, seketika itu petugas langsung kita terjunkan ke lokasi laporan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Yudi Irwanto, kepada awak media, Selasa (4/1/2022)

Setelah mendapatkan laporan, petugas segera menuju ke titik lokasi yang dilaporkan dan segera mengevakuasi ular. Kondisi tumpukan kayu dan semak-semak yang lumayan lebat membuat evakuasi sedikit terkendala. Namun, karena petugas telah terlatih, proses tersebut segera teratasi dan ular segera diamankan.

“Ular sudah kita evakuasi dan saat ini kita taruh dalam bok kayu yang ada di kantor BPBD, sembari menunggu hasil koordinasi dengan pecinta reptile. Siapa tahu mau diadopsi,” pungkasnya.

  • Bagikan