UM Tilik Potensi Wisata Desa di Jember Lewat Pengembangan Website

  • Bagikan
pengabdian masyarakat UM
Pemjelasan oleh tim pengadian masyarakat Universitas Negeri Malang tentang website desa. (Foto: Dokumen)

JEMBER ­– Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pengabdian masyarakat untuk menilik potensi wisata di desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jumat (14/8/2020). Hal itu dilakukan dengan cara pengembangan website dan juga video profil dari desa tersebut.

Melalui website dan video profil itu, diharapkan bisa membantu masyarakat Desa Sumberejo dalam mempromosikan potensi wisata desanya secara luas ke khalayak umum. Karena pada ketanyaannya masih belum banyak orang yang mengetahui adanya tempat wisata yang indah di desa Sumberejo.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Ketua Tim Pengabdian UM, Nanda Harda P. M menyatakan bahwa pembuatan website desa dan juga video profil desa ini penting untuk pengembangan desa Sumberejo. Di mana desa itu memiliki banyak potensi wisata dan pertanian yang masih belum banyak diketahui oleh banyak orang. Melalui adanya website desa diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan potensi desa khususnya dalam sektor pariwisata.

“Dalam pengelolaan tempat wisata saya rasa sudah cukup baik. Ada hubungan yang harmonis antara warga dengan pemerintah desa. Namun tempat yang indah seperti ini seharusnya lebih diperkenalkan lagi pada khalayak luas agar sektor pariwisata di wilayah Sumberejo dapat berkembang dengan baik,” tuturnya

Sementara itu, Kepala desa Sumberejo memberikan apresiasi pada pada program pengabdian UM  yang dilakukan oleh tim pengabdian dari UM ini. Hal ini dikarenakan, sebelumnya desanya belum memiliki website yang sudah sesuai dengan kebutuhan desa.

Melalui adanya website desa yang baru ini, agenda yang dilakukan desa dan juga promosi wisata diharapkan dapat terakomodir dengan baik. Beliau juga berterimakasih pada tim pengabdian dari UM karena sudah di buatkan video profil yang dapat membantu mempromosikan potensi wisata yang ada di desa Sumberejo.

Tim pengabdian dari UM berharap website yang dibuat dengan kerjasama bersama tim KKN Universitas Negeri Jember dapat memberikan manfaat lebih bagi pihak desa. Sementara untuk video profil diharapkan dapat memberikan tambahan branding terkait potensi wilayah Desa Sumberejo. Dengan begitu desa sumberejo dapat menjadi desa yang terdepan dalam hal informasi dan promosi wisata di kabupaten Jember.

 

Reporter: Fajrus Shiddiq
Editor: Gigih Mazda

  • Bagikan