Unik, 4 Fenomena Alam Berbentuk Hati

  • Bagikan
Ilustrasi fenomena alam unik berbentuk hati. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi fenomena alam unik berbentuk hati. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Sering kali alam menyuguhkan hal-hal luar biasa di dunia ini. Baik itu yang membuat kita terpana karena keindahannya maupun tercengang karena keunikannya.

Sama seperti 4 fenomena alam ini yang secara alami membentuk hati. Dengan keunikan dan pemandangan yang menakjubkan di sekitarnya, membuat para wisatawan tertarik untuk datang melihatnya. Dan tempat wisata ini menjadi populer di dunia. Di mana sajakah itu? Simak penjelasan dari Tugu Jatim ya…

1. Great Barrief Reef

Gugusan karang berbentuk hati di lepas pantai Queensland. (Foto: barrierreefaustralia.com/Tugu Jatim)

Fenomena satu ini merupakan bagian dari Great Barrier Reef yang terletak di Negeri Kanguru Australia, persisnya berada di lepas Pantai Queensland di timur laut Australia. Dinamakan Heart Reef karena terbentuk dari gugusan karang.

Heart Reef adalah salah satu dari 900 pulau gugusan karang yang secara ajaib membentuk hati. Dengan keunikannya ini, Great Barrier Reef menawarkan wisata pesawat amfibi yang dapat mengelilingi perairan laut koral dan terbang untuk melihat gugusan karang bentuk hati serta di lepas Pantai Queensland dengan lebih jelas. Wisata ini juga telah ditetapkan menjadi salah satu situs warisan UNESCO pada 1981 silam.

2. Danau Toyoni

Lanskap Danau Toyoni dari atas. (Foto: instagram.com/jayeffex/Tugu Jatim)
Lanskap Danau Toyoni dari atas. (Foto: instagram.com/jayeffex/Tugu Jatim)

Danau berbentuk hati ini terletak di tengah hutan Hokkaido, Jepang. Karena letaknya cukup jauh di tengah hutan, tidak mudah untuk mencapainya.

Namun, saat ini telah banyak paket tur yang menawarkan perjalanan ke Danau Toyoni lewat jalur Gunung Sadorake atau terbang dengan helikopter untuk melihat danau berbentuk hati serta pemandangan Kota Tomakomai dari jauh.

Karena memang bentuk hati itu tidak terlihat dari bawah, bahkan awalnya banyak masyarakat setempat yang tidak percaya. Jika Anda ingin berwisata ke Danau Toyoni, sebaiknya patut berwaspada karena masih banyak hewan liar di hutan sekitar danau tersebut.

3. Upper Antelope Canyon

Upper Antelope Canyon. (Foto: instagram.com/argenel)
Upper Antelope Canyon. (Foto: instagram.com/argenel)

Untuk menemukan fenomena alam satu ini, Anda harus mendaki cukup jauh dengan bantuan pemandu wisata karena tempatnya yang sulit ditemukan hanya dengan menggunakan peta. Antelope adalah sebuah ngarai di mana banyak batuan yang membentuk, salah satunya batu berbentuk hati ini.

Fenomena hati ini terbentuk dari erosi. Tidak hanya wisatawan, tapi karena bentuknya yang artistik mengundang para fotografer untuk datang. Saat musim panas, cahaya matahari akan masuk ke tiap celah pada bebatuan sehingga menampilkan keindahan yang luar biasa.

4. Laguna Gletser Jökulsárlón

Gletser yang membentuk hati. (Foto: nationalgeographic.com/Tugu Jatim)
Gletser yang membentuk hati. (Foto: nationalgeographic.com/Tugu Jatim)

Laguna ini adalah yang terbesar di Islandia. Berada di Vatnajökull pada bagian tenggara Islandia, laguna ini menampilkan banyak pemandangan dan fenomena alam di dalamnya. Di antara banyaknya gletser di sana, ada sebuah gletser unik berbentuk hati yang berada di ujung seperti celah.

Setelah melihat gletser hati, Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan perairan biru yang tenang dan gunung es yang menjulang. Tapi, pastikan Anda ekstra berhati-hati saat berkunjung karena gletser ini dapat bergerak saat Anda berpijak atau menaikinya.

Itulah fenomena alam unik dan mengagumkan yang tak sengaja berbentuk hati. Mana yang ingin Anda kunjungi? (Muthiya Mabila/ln)

  • Bagikan