MALANG, Tugujatim.id – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang menggelar kegiatan workshop literasi digital di ruang rapat Abdoel Rajab, Jumat (17/11/2023). Dengan tema “Literasi Akademik Populer Menuju Branding Universitas yang Berkelanjutan 2024”, kegiatan ini diikuti oleh jajaran rektorat serta seluruh pimpinan fakultas dan program studi di Unikama.
Workshop tersebut menghadirkan dua pembicara di bidang media dan branding. Pemateri pertama yakni General Manager Tugujatim.id yang juga alumnus Unikama Bayu Eka Novanta. Kedua, turut hadir Head of Corporate Communication Beon Intermedia yang juga CEO of Ngalup Collaborative Network Andina Paramitha.
Workshop Literasi Digital, Tugu Media dan BEON Bagikan Tips Branding pada Dosen Unikama
Bayu Eka menjelaskan beberapa poin penting menyangkut branding universitas melalui media massa. Di mana kampus perlu memetakan dan memiliki target branding yang jelas sehingga nantinya dapat memproduksi konten-konten berkualitas dan cocok dengan tren anak muda saat ini.
Termasuk bagaimana Unikama dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya dalam memperoleh mahasiswa baru.
“Pendekatan seperti ini penting karena inilah yang mereka sukai,” jelas Bayu dalam paparannya dalam workshop literasi digital itu.

Sedangkan pada sesi kedua, Head of Corporate Communication Beon Intermedia yang juga CEO of Ngalup Collaborative Network Andina Paramitha lebih menekankan bagaimana merancang personal branding seseorang, khususnya para dosen Unikama. Bagi CEO Ngalup.co ini, personal branding adalah bagaimana seseorang bisa tampil berbeda dan memiliki karakter. Bahkan mulai dari nama, foto profil akun, hingga penampilan busana sehari-hari.

Hal ini akan membantu membentuk kita sebagai seorang pribadi atau seorang profesional. Bila melihat dari sisi value, maka kita juga akan menemukan sirkel kita dan juga akan menjadi bagian dari branding.
Strategi personal branding, menurut Andina, bergantung pada nilai yang ada pada diri kita, visi dan misi yang ingin dilakukan dari personal branding, passions, dan kegiatan apa yang sering kita lakukan.
Unikama Bertekad Saingi Perguruan Tinggi Lain lewat Branding Kampus dan Prodi
Dalam sambutannya, Rektor Unikama Dr Sudi Dul Aji MSi, menyebut bahwa peningkatan branding universitas, fakultas, dan jurusan adalah tanggung jawab seluruh civitas akademik.
Ke depan, menurut Sudi, Unikama melalui dosen dan prodi akan menggandeng SMA/SMK maupun pondok pesantren untuk menjadi sekolah binaan dan berkolaborasi dengan kampusnya.
“Bisa satu atau dua boleh, jadi sejak awal kami sudah hadir di tengah mereka,” jelas Sudi yang menjabat rektor Unikama sejak 21 Maret 2023.

Wakil Rektor II Unikama Irma Tyasari SE SPd MM Ak CA CPA CRA PhD juga turut memberi sambutan. Di mana menurutnya, Unikama bisa bersaing dengan universitas lainnya dengan menggandeng sekolah dan menyelenggarakan kegiatan.
Warek Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Universitas ini menyampaikan bahwa Unikama akan mengadaptasi gerakan perguruan tinggi lain dalam hal menjalin kerja sama dengan sekolah menengah atas di berbagai daerah.
“Salah satu contoh yang telah dilakukan perguruan tinggi besar, salah satunya di Malang, mereka membuat jadwal di setiap prodinya untuk mengisi kegiatan di sekolah dan diisi prodi tersebut,” ungkapnya.
Bahkan, menurut Irma, kegiatan oleh PTN tersebut dilakukan oleh prodi yang baru saja dibuka dan belum memiliki akreditasi. Sehingga kerja sama dengan SMA/SMK menjadi jalan mereka untuk dekat dengan calon mahasiswa.
Dia pun mencontohkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan Unikama demi menjalin kerja sama dengan SMA.
“Salah satunya dari prodi hukum memberikan kegiatan kesadaran hukum pada siswa SMA pada Oktober 2023. Dan hari ini, ada dari prodi IT,” imbuh Irma.
Sebagai pimpinan Unikama, Sudi Dul Aji pun menyampaikan terima kasih pada para pemateri.
“Kami berterima kasih atas waktu dari Mas Bayu dan Mbak Andina sudah menyempatkan diri,” tutur Sudi saat menutup sambutan dalam kegiatan workshop literasi digital tersebut.
Writer: Imam A. Hanifah
Editor: Dwi Lindawati