Upaya Bangkitkan Ekonomi, Wali Kota Kediri Ciptakan Wirausaha Baru - Tugujatim.id

Upaya Bangkitkan Ekonomi, Wali Kota Kediri Ciptakan Wirausaha Baru

  • Bagikan
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. (Foto: Pemkot Kediri) tugu jatim
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. (Foto: Pemkot Kediri)

KEDIRI, Tugujatim.id – Upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di era pandemi Covid-19 terus digalakkan oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Salah satunya dengan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat.

Melalui Dinas Koperasi dan UMTK, pelatihan kewirausahaan diselenggarakan, baik dalam bidang jasa, kuliner maupun yang lainnya. Dengan langkah seperti ini, nantinya diharapkan akan muncul wirausaha-wirausaha baru yang siap untuk mendorong peningkatan perekonomian di Kota Kediri serta sesuai dengan 10 program prioritas Kota Kediri.

Pelatihan kewirausahaan ini membuka kesempatan bagi warga ber-KTP Kota Kediri yang ingin menambah keterampilannya. Ada 10 jenis pelatihan yang dapat diikuti secara gratis. Jenis pelatihan tersebut yakni pelatihan digital marketing, pelatihan bakery, pelatihan frozen food, pembuatan hantaran, pelatihan olahan minuman, pelatihan hair styling, pelatihan make up, pelatihan fotografi, pelatihan service AC, dan pelatihan terapis spa. Tiap jenis pelatihan hanya untuk diikuti oleh 30 peserta saja.

Wali Kota Kediri mengungkapkan penciptaan dan pengembangan wirausaha baru harus terus digalakkan di berbagai sektor. Hal ini perlu dilakukan untuk mendorong munculnya kegiatan ekonomi baru yang dapat memberikan nilai tambah. Sekaligus untuk mendorong bangkitnya ekonomi Kota Kediri di era pandemi. Diadakannya pelatihan kewirausahaan ini sebagai bentuk kegiatan perluasan kesempatan kerja. Serta diharapkan dapat memberdayakan ekonomi masyarakat, sehingga dapat menekan angka pengangguran di Kota Kediri.

Lebih lanjut Abdullah Abu Bakar juga mengajak warga Kota Kediri untuk tidak melewatkan kesempatan baik ini dengan ikut mendaftarkan diri pada pelatihan kewirausahaan 2021. Ilmu yang akan diperoleh bila mengikuti pelatihan ini, juga sangat bermanfaat dan dapat diterapkan di usaha yang akan dan sedang dijalankan.

“Pelatihan ini sangat bagus, karena kuotanya terbatas jadi segera mendaftarkan diri,” ungkapnya, Minggu (31/10).

Adapun syarat untuk bisa mengikuti pelatihan kewirausahaan ini yakni laki-laki atau perempuan berusia maksimal 40 tahun. Warga ber-KTP Kota Kediri, namun bukan ASN/TNI/Polri dan pendidikan minimal SMA. Selain itu, akan diutamakan bagi yang belum pernah mengikuti pelatihan.

Bagi warga Kota Kediri yang ingin mengikuti pelatihan dan memenuhi syarat yang telah ditetapkan, bisa mendaftarkan diri. Cara mendaftaranya pun cukup mudah. Hanya dengan mengisi form secara online pada tautan bit.ly/PelatihanDinkopNaker21, mulai 29 Oktober hingga 4 November 2021.

Setelah mengisi form pada tautan tersebut, pendaftar harus mengirim berkas ke Kantor Dinas Koperasi dan UMTK, Jalan Brigjend Pol. Imam Bachri, Pesantren Kota Kediri. Berkas yang dikirim yaitu fotokopi KTP, fotokopi ijazah, dan foto terbaru ukuran 4×6 (2 lembar). Pengumpulan berkas paling lambat pada 5 November 2021. (*)

  • Bagikan