Upaya Tekan Kasus Covid-19, Sejumlah Fasum di Tuban Disemprot Disinfektan - Tugujatim.id

Upaya Tekan Kasus Covid-19, Sejumlah Fasum di Tuban Disemprot Disinfektan

  • Bagikan
Suasana ketika sejumlah personel dari TNI maupun BPBD Tuban melakukan penyemprotan disinfektan di area Makam Sunan Bonang, Kabupaten Tuban, Kamis (10/6/2021). (Foto: Humas BPBD Tuban)
Suasana ketika sejumlah personel dari TNI maupun BPBD Tuban melakukan penyemprotan disinfektan di area Makam Sunan Bonang, Kabupaten Tuban, Kamis (10/6/2021). (Foto: Humas BPBD Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Sebagai langkah pencegahan dan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Tuban, sejumlah upaya terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat fasilitas umum (fasum) dan peribadatan, Kamis (10/6/2021).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tuban, Fahmi Alhhads menyebutkan kegiatan ini melibatkan anggota personil Koramil Tuban Kota dan BPBD Kabupaten Tuban.

“Upaya Pemkab Tuban dalam menekan dan mengendalikan Covid-19 di Bumi Wali,” ungkap Fahmi menjelaskan kegiatan tersebut.

Fahmi menuturkan sejumlah fasum yang disterilisasikan di antaranya seperti, Rest Area, Masjid Agung Tuban, Alun-alun, area Makam Sunan Bonang, Masjid Darussalam, dan Parkiran Sunan Bonang.

Selain itu, petugas juga terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu menerpakan protokol kesehatan 5 M. yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Ini menjadi penting yang harus kita lakukan bersama-sama,” pesan Fahmi.

Diberitakan sebelumnya, kasus terkonfimasi di Kabupaten Tuban mulai meninggak sejak akhir bulan Mei atau pasca-Lebaran. Hal tersebut ditengarai oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) pulang kampung dan terjangkit virus.

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan, sejak awal kedatangan PMI di Bumi Wali hingga hari ini ada 212 orang, dari jumlah tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada 60 kasus. Sementara 46 pasien sudah dinyatakan sembuh, sedangkan 14 orang masih melakukan karantina.

Sebatas diketahui, berdasarkan data peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban, hingga Rabu (9/6/2021), kasus terkonfirmasi mencapai 3.812, rinciannya 3.321 sembuh, 69 dirawat dan 422 meninggal dunia.

  • Bagikan