News  

Usai Swab Test, 6 Mahasiswa dan 1 Dosen UM Dinyatakan Positif Covid-19

Positif Covid. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)
Gedung Direktorat Universitas Negeri Malang (UM). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Sebanyak 6 mahasiswa dan 1 dosen Universitas Negeri Malang (UM) terindikasi terpapar Covid-19 pada Minggu (30/01/2022) usai menjalani swab antigen. Hasilnya pun mereka dinyatakan positif Covid-19 usai swab PCR.

“Hasilnya sudah keluar, jadi 30 Januari 2022 hasilnya positif semua,” kata Tim Satgas Covid-19 UM dr Erianto Fanani pada Kamis (03/02/2022).

Selain 7 orang, dia mengatakan, juga ada tambahan lagi yang positif Covid. Namun, pihaknya tak menjelaskan secara rinci jumlahnya.

“Selain tujuh orang, ada tambahan lagi yang positif usai swab PCR. Intinya, lebih dari satu orang,” bebernya.

Sementara itu, 7 pasien ini kini tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan sebagian isolasi di kampus UM. Pihak UM juga tengah melakukan tracing kepada kontak erat pasien Covid-19 tersebut.

“Kontak eratnya banyak. Kami kurang tahu persisnya, jadi tidak bisa memastikan jumlahnya,” ucapnya.

Sebelumnya temuan kasus Covid-19 di UM ini bermula dari keluhan mahasiswa yang kemudian berinisiatif melakukan swab antigen mandiri. Mengetahui hasilnya positif Covid, mahasiswa ini melaporkan ke dosennya hingga ke Satgas Covid-19 UM.

“Kami masih sulit menetukan mereka terpapar dari mana. Jadi, sumbernya dari mana kami masih belum bisa menemukannya,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, perkuliahan tatap muka di kampus UM akan dirancang menyesuaikan kondisi perkembangan Covid-19 yang ada.

“Untuk perkuliahan akan dirancang menyesuaikan dengan kondisi terkini secara dinamis,” ujarnya.