Vaksinasi Capai 30,59 Persen, Satgas Covid Batu Optimis Herd Immunity Terbentuk Akhir Tahun - Tugujatim.id

Vaksinasi Capai 30,59 Persen, Satgas Covid Batu Optimis Herd Immunity Terbentuk Akhir Tahun

  • Bagikan
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menunjukkan perhatiannya kepada difabel yang melaksanakan vaksinasi di Mapolres Batu, Senin (16/08/2021). (Foto:Azmy/Tugu Jatim)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menunjukkan perhatiannya kepada difabel yang melaksanakan vaksinasi di Mapolres Batu, Senin (16/08/2021). (Foto:Azmy/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Satgas Covid-19 Kota Batu optimistis target herd immunity atau kekebalan massal bisa terbentuk di akhir 2021. Saat ini, capaian vaksinasi di Kota Apel itu tercatat telah mencapai 30,59 persen.

Artinya, sudah ada sekitar 50.448 dari total sekitar 250 ribu penduduk di Kota Batu telah tervaksin. Meski begitu, Jubir Satgas Covid-19 Onny Ardianto mengatakan, masih ada sejumlah kelompok yang belum tervaksin secara merata.

Seperti di kelompok lansia, dia mengatakan, masih tercapai 23 persen atau hanya 4.731 dari total target 20.174 orang. Lalu, untuk kelompok ibu hamil sendiri juga masih tercatat baru memvaksin 23 orang dari target total 746 orang.

Untuk kelompok penyandang difabel, Onny menyebutkan, masih tercapai 100 orang dari total target 666 orang.

”Meski begitu, animo masyarakat mendapat vaksin masih tinggi. Setiap ada program itu kan pasti pukul 06.30 WIB sudah antre,” kata dia kepada awak media, Selasa (24/08/2021).

Karena itu, diharapkan nanti masyarakat bisa kooperatif. Dengan begitu, aktivitas perekonomian, baik di sektor pariwisata dan pertanian di Kota Batu bisa kembali berjalan normal.

Lebih lanjut, terkait situasi angka penularan Covid-19 di Kota Wisata ini masih fluktuatif. Hanya saja, secara tren sudah melandai dan angka kesembuhannya juga tinggi.

Fakta lain juga didapati dari tingkat keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) di isoter YPPI sendiri kini sudah tidak sampai menyentuh angka 80 persen. Jauh berbeda dengan sebelumnya.

”Kami sudah memindah pasien isoman ke isoter itu setiap harinya sampai 16 pasien. Namun, yang keluar atau sembuh juga tidak kalah banyak,” ujar pria yang juga kepala Diskominfo Kota Batu ini.

  • Bagikan