Vaksinasi Lansia di Sumenep Masih Rendah, Baru 1,2 Persen - Tugujatim.id

Vaksinasi Lansia di Sumenep Masih Rendah, Baru 1,2 Persen

  • Bagikan
Ilustrasi vaksinasi. (Foto: Pixabay) vaksinasi covid-19 lansia sumenep
Ilustrasi vaksinasi. (Foto: Pixabay)

SUMENEP, Tugujatim.id – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sumenep hingga Rabu (19/5/2021) ini tergolong sangat rendah, yakni sekitar 1,2 persen dari target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Untuk diketahui, saai ini Pemkab Sumenep melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep tengah melaksanakan program vaksinasi corona bagi pelayan publik dan juga lansia. Rendahnya tingkat vaksinasi terhadap lansia di Sumenep itu dibenarkan oleh Kepala Dinkes Sumenep, Agus Mulyono.

“Untuk lansia masih sekitar 1,2 persen kita terus lakukan. Karena sekarang tahap dua ada tambahan bagi lansia,” ujar Agus seperti dilansir Portal Publik, partner Tugu Jatim, Rabu (19/5/2021).

Ia menjelaskan bahwa jumlah sasaran lansia dalah program vaksinasi tersebut yakni sebanyak 82.612 jiwa. Jika masih berjalan 1,2 persen, artinya para lansia yang telah melakukan vaksinasi hanya sekitar 990 jiwa.

Mengantisipasi hal tersebut serta partisipasi lansia dalam vaksinasi meningkat, lanjut Agus, pihaknya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti satunya TNI dan Polri.

“Jadi seperti TNI atau Kodim itu kita minta untuk mengkoordinir pensiunan agar nanti menjalani vaksi. Kalau di Polres juga sama,” paparnya.

Agus Mulyono menerangkan, selain menjalin kerjasama dengan TNI dan Polri, pendekatan melalui tokoh masyarakat juga dilakukan. Nantinya tokoh masyarakat ini ikut melakukan sosiliasasi lansia di masyarakat umum.

“Puskesmas juga kita gerakkan. Kita ingin maksimal dalam pelaksanaannya agar cepat tuntas,” kata Agus.

Rendahnya realisasi vaksinasi bagi lansia ini disebabkan berbagai faktor, salah satunya kesiapan yang bersangkutan hingga menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin. Sebab pendistribusian dari pemerintah pusat dilakukan secara bertahap. (Yd/Hem/Fa)

 

Sumber Artikel: Portal Publik

  • Bagikan