Vaksinasi Lansia di Tuban Berjalan Lambat, Baru Terlaksana 6 Persen

  • Bagikan
Proses vaksinasi pada lansia yang dilakukan vaksinator pada Bulan April 2021 di Gedung Korpri, komplek Pendopo Kridha Manunggal Tuban. (Foto: Humas Pemkab Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Proses vaksinasi pada kelompok prioritas orang lanjut Usia (lansia) di Kabupaten Tuban terkesan lambat. Hal tersebut Lantara, sejak di mulai pada bulan April 2021 sampai dengan saat ini, baru terlaksana 6,13 persen. Padahal, jumlah sasaran Lansia di Bumi Wali sekitar 67.787 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi lambatnya proses vaksinasi pada lansia. Menurutnya, selama ini, segala upaya telah dilakukan. Baik menyebarkan luaskan infomasi tentang vaksinasi, maupun mempromosikan, jika satu lansia hadir membawa pendamping dua orang, walaupun belum lansia akan juga diberikan vaksin. sekaligus. Namun, belum juga efektif.

“Ini menjadi hambatan dalam proses vaksinasi yang ada. Ternyata memang sulit sekali untuk datangkan lansia ke tempat vaksinasi,” ujar Bambang kepada Tugu Jatim, Selasa (15/6/2021).

Di samping itu, lansia yang sudah datang ke tempat vaksinasi, ada faktor lainya yang tidak diperkenankan mendapatkannya, seperti memiliki komorbit berupa diabet, hipertensi dan lain-lain.

Mantan Kepala UPTD Puskemas Tambakboyo ini, akan memanfaatkan pekan imunisasi pada tanggal 25 hingga 29 Juni 2021. diharapkan semua bisa datang ke tempat-tempat vaksniansi terdekat, dengan hanya membawa KTP saja dan langsung bisa dilayani oleh petugas.

Ada beberapa fasilitas vaksiansi yang ada. di tingkat kabupaten di Pendopo Kridha Manunggal, Gedung Korpri dan semua fasilitas kesehatan yang menerima, termasuk rumah sakit R. Ali Mansoer, RSNU, dan RSUD dr. R Koesma Tuban

“Diharapkan kepada masyarkat, betul-betul dimanfaatkan (vaksinasi), Berapa pun jumlahnya akan kita persiapkan fasilitasnya, baik vaksin dan tenaga penyuntiknya ” pungkasnya.

  • Bagikan