Video Viral! Abu Bakar Baasyir Akui Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia - Tugujatim.id

Video Viral! Abu Bakar Baasyir Akui Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia

  • Bagikan
Abu Bakar Baasyir. (Foto: Tangkapan layar video/Tugu Jatim)
Abu Bakar Baasyir (kanan) saat berpidato mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. (Foto: Tangkapan layar video)

PASURUAN, Tugujatim.id – Lama tak terdengar kabarnya, kini sosok Abu Bakar Baasyir kembali viral di media sosial. Dalam sebuah video yang beredar di TikTok, tampak Abu Bakar Baasyir mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Dengan membawa sebuah mikrofon, pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, itu berbicara lantang di depan sejumlah orang. Abu Bakar Baasyir sudah menyadari bahwa Pancasila didasarkan pada ajaran tauhid dalam agama Islam.

“Indonesia itu didasarkan Pancasila. Mengapa disetujui ulama karena dasarnya tauhid. Ketuhanan yang Maha Esa. Itu pengertian terakhir saya,” ujar Abu Bakar Baasyir dikutip dari video di media sosial pada Senin (02/08/2022).

Baasyir juga mengakui kekeliruannya dulu yang menganggap bahwa memercayai Pancasila sama dengan syirik. Namun, kini dia memiliki pandangan yang sama dengan mayoritas ulama di Indonesia yang menyepakati paham ideologi Pancasila sebagai dasar negara.

“Setelah saya pelajari selanjutnya, tidak mungkin para ulama itu menyetujui dasar negara syirik, itu ndak mungkin,” ungkapnya.

Sementara itu, putra Abu Bakar Ba’asyir, yaitu Abdul Rochim, juga mengungkapkan, video yang beredar luas tersebut diambil sekitar 3 bulan yang lalu.

“Betul, video itu sudah cukup lama, sekitar tiga atau empat bulan lalu,” ucap Abdul Rochim.

Sebagai informasi, Abu Bakar Baasyir pernah dipenjara pada 2011 atas keterlibatannya dalam kasus pendanaan latihan teroris di Indonesia. Pria yang pernah diakui sebagai pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) ini sempat memiliki hubungan erat dengan Jemaah Islamiyah (JI) yang dituding beraliansi dengan jaringan teroris internasional Al-Qaeda.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan