Viral Durian Kosong, Modus Pedagang Pasar Wisata Masjid Cheng Ho Pasuruan Tipu Pembeli Pakai Lem Alteco - Tugujatim.id

Viral Durian Kosong, Modus Pedagang Pasar Wisata Masjid Cheng Ho Pasuruan Tipu Pembeli Pakai Lem Alteco

  • Bagikan
durian kosong. (Foto: Tangkapan layar video warga/Tugu Jatim)
Video seorang ibu di Pasuruan mendapat durian kosong dari pedagang Pasar Wisata Masjid Cheng Ho. (Foto: Tangkapan layar video warga)

PASURUAN, Tugujatim.id – Video viral di media sosial memperlihatkan seorang pembeli mendapat durian kosong dari pedagang Pasar Wisata Masjid Cheng Ho Pasuruan. Diduga oknum pedagang durian di Pasar Wisata Cheng Ho itu memakai lem alteco untuk merekatkan kulit durian kosong tanpa isi tersebut.

Dalam video berdurasi 2 menit tersebut, terlihat seorang ibu-ibu mencoba membelah buah durian yang sudah ditali dengan rafia. Setelah itu, dia memotong tali rafia. Kaget bukan kepalang, dia melihat durian tersebut sudah dalam kondisi terbelah kulitnya. Saat kulitnya dibuka, benar saja isi durian kosong itu tanpa satu pun daging buah yang tersisa.

Kepala Pasar Wisata Cheng Ho Bowo membenarkan para pedagang Pasar Wisata Cheng Ho yang menjual durian kerap melakukan aksi nakal untuk mencurangi pembeli. Bowo menambahkan, kecurangan jual durian kosong tersebut tidak hanya sekali dua kali dilakukan, tapi sudah sering dia dapat laporan terkait modus penjualan durian kosong.

“Saya ikut geram ketika tahu ada oknum pedagang durian yang curang. Hal ini sudah dilakukan berkali-kali oleh para oknum tersebut,” ungkap Bowo saat dikonfirmasi Senin (14/02/2022).

Menurut Bowo, para pedagang mengelabui pembeli dengan menggunakan lem alteco terlebih dulu untuk menempelkan bekas potongan kulit durian, lalu mengikatnya dengan tali.

“Cuma bermodal lem alteco, pedagang menempelkan kulit durian yang tidak ada isinya tersebut,” ujarnya.

Oknum pedagang nakal juga mengiming-iming para pembeli dengan harga paketan murah seharga Rp100 ribu untuk 4 durian. Hal itu ditujukan agar pembeli tidak curiga jika ada durian yang mereka beli yang kosong isinya.

“Pedagang itu jual durian kosong dengan iming-iming harga paketan. Jadi, pembeli merasa dapat harga murah,” imbuhnya.

Untuk mencegah agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, Bowo akan memberi peringatan tegas ke oknum pedagang durian kosong. Pengelola Pasar Wisata Masjid Cheng Ho tidak segan-segan mengusir oknum padagang yang curang.

“Saya sudah tau siapa-siapa saja pelakunya, nanti saya beri peringatan. Kalau tidak dihiraukan, kami usir dari Pasar Wisata Masjid Cheng Hoo,” tegasnya.

  • Bagikan