Viral Pedagang Pasuruan Jual Durian Kosong, Kepala Disperindag: Bukan Kasus Sepele, Bisa Dipidanakan! - Tugujatim.id

Viral Pedagang Pasuruan Jual Durian Kosong, Kepala Disperindag: Bukan Kasus Sepele, Bisa Dipidanakan!

  • Bagikan
Pedagang Pasuruan. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)
Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Diano Vela Fery Santoso saat sidak pedagang durian di Pasar Wisata Masjid Cheng Ho. (Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim)

PASURUAN, Tugujatim.id – Setelah video viral oknum pedagang Pasuruan yang jual durian kosong di area Pasar Wisata Masjid Cheng Ho, Pandaan, akhirnya Disperindag Kabupaten Pasuruan turun tangan. Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Diano Vela Fery Santoso langsung melakukan sidak pada Senin (14/02/2022).

Satu per satu kios pedagang durian diperiksa oleh Diano bersama kepala pasar Bowo. Beberapa oknum pedagang Pasuruan yang menjual durian kosong langsung mendapat surat peringatan pertama (SP 1) dari pengurus pasar. Selain itu, Diano juga tetap memberikan imbauan kepada semua pedagang agar jujur dalam berjualan.

“Ayo kita jaga nama baik Pasar Wisata Masjid Cheng Ho. Kalau viralnya baik, semua bisa terasa dampaknya, begitu pula sebaliknya,” ucap Diano di hadapan para pedagang Pasuruan.

Diano juga tidak akan mengganggap sepele kasus kecurangan pedagang yang jual durian kosong. Menurut dia, tindakan penipuan tersebut sudah masuk ranah kriminal dan bisa dipidanakan ke depannya.

“Masalah ini jangan disepelekan. Kalau ada kejadian lagi yang terulang, bisa dilaporkan ke polisi saja, itu sudah ada undang-undangnya,” tegasnya.

Dalam sidak kali ini, Diano juga menyoroti soal kebersihan pasar. Sejumlah sampah seperti kulit bekas durian dan sampah plastik makanan masih terlihat di sejumlah sudut pasar. Menurut dia, sampah di area Pasar Wisata Masjid Cheng Ho adalah tanggung jawab semua pedagang yang berjualan.

“Jangan memikirkan diri sendiri. Setiap pedagang wajib jaga kebersihan lapaknya agar tak terlihat kumuh dan sedap dipandang,” ujarnya.

  • Bagikan