Viral Video Raba-raba Paha Penumpang di Kereta Api, KAI Blakclist Pelaku

Viral Video Raba-raba Paha Penumpang di Kereta Api, KAI Blakclist Pelaku

  • Bagikan
Kereta Api.
Kereta Api. (Foto: Kominfo Jatim)

Tugujatim.id – Video dugaan pelecehan seksual di dalam Kereta Api viral. Sebelumnya, seorang perempuan yang menjadi korban pelecehan raba-raba paha tersebut memberikan laporan ke pihak KAI. Merespon hal tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memblacklist pelaku.

EVP Corporate Secretary KAI, Asdo Artriviyanto, mengatakan kebijakan ini diterapkan untuk memberikan efek jera kepada pelaku.

KAI sudah menghubungi korban untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan siap untuk memberikan dukungan dalam langkah hukum yang akan diambil.

Korban tidak bermaksud untuk membawa masalah ini ke ranah hukum dan hanya meminta terduga pelaku untuk menyampaikan permohonan maaf serta tidak akan mengulangi perbuatannya kembali.

Asdo mengatakan, berdasarkan bukti video dan laporan yang ada, maka KAI akan melakukan blacklist terhadap Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bersangkutan sehingga tidak dapat menggunakan layanan KAI di kemudian hari.

KAI menolak untuk memberikan pelayanan terhadap pelaku yang sudah melanggar etika dan berbuat asusila yang sekaligus merendahkan martabat pelanggan lainnya terutama terhadap kaum hawa.

“KAI sama sekali tidak mentolerir kejadian tersebut dan berharap tidak ada lagi kejadian serupa terulang kembali pada berbagai layanan KAI lainnya,” tegas Asdo dikutip dari laman resmi KAI, Rabu (22/06/2022).

KAI juga mengingatkan penumpang lain untuk segera melaporkan perilaku yang membuat tidak nyaman penumpang selama di dalam kereta. KAI berjanji akan meningkatkan pengawasan dan pengamanan agar tidak memberikan kesempatan bagi pelaku untuk melakukan niatnya.

“Semoga berbagai langkah yang KAI lakukan dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan selama menggunakan layanan KAI,” tutup Asdo.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno mengatakan, pihaknya mendukung KAI yang akan melakukan blacklist kepada pelaku melalui NIK yang bersangkutan.

Hal tersebut untuk memberikan efek jera kepada pelaku kekerasan seksual di transportasi umum. KAI juga diharapkan berkoordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri dan Komnas Perempuan.

Sebelumnya viral sebuah video di dalam sebuah perjalanan Kereta Api, tampak pria yang diduga pelaku itu mengenakan celana cokelat dan jaket abu-abu. Tangan pria tersebut tampak bergerak ke arah penumpang wanita di sebelahnya.

Perlahan, tangan itu meraba-raba paha korban. Korban sempat merekam aksi pelecehan tersebut dan mengunggahnya ke media sosial.

“Aku sempat bener-bener kaku, ga bisa ngapa-ngapain. Berasa banget jari dia naik turun di paha. Saat itu pengen teriak, tapi entah kenapa ga bisa. Deg-degannya minta ampun. Akhirnya berusaha untuk gerak. Setelah ini ku tegur, eh masih aja dilakuin. Akhirnya aku lapor, minta pindah kursi,” tulis akun korban di twitter.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan