Wabup Riyadi dan Jamaah Haji asal Tuban Ziarah ke Makam Mbah Moen di Arab Saudi - Tugujatim.id

Wabup Riyadi dan Jamaah Haji asal Tuban Ziarah ke Makam Mbah Moen di Arab Saudi

  • Bagikan
Jamaah haji. (Foto: Medsos jamaah haji Tuban/Tugu Jatim)
Sejumlah jamaah haji asal Kabupaten Tuban yang berziarah di makam KH Maimum Zubair di kompleks pemakaman Ma'la, Arab Saudi, Selasa (21/06/2022). (Foto: Medsos jamaah haji Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Sejumlah kegiatan jamaah haji asal Kabupaten Tuban dilakukan di Arab Saudi. Salah satunya mereka menyempatkan diri untuk berziarah di makam KH Maimun Zubair di kompleks pemakaman Ma’la, Arab Saudi.

Para jamaah haji yang berziarah ini didampingi langsung Wakil Bupati Tuban H. Riyadi dengan membaca tahlil dan berdoa bersama di makam Mbah Moen, panggilan KH Maimun Zubair.

“Alhamdulillah, kami diberikan kesempatan berziarah ke Makam Ma’la. Kami sempat membaca tahlil dan doa di makam alm KH Maimun Zubair,” tulis Muhlisim Mufa, jamaah haji di akun medsos pribadinya.

Pejabat Kemenag Bojonegoro ini menambahkan, sebelum sampai di makam salah satu tokoh besar jamiyyah Nahdlatul Ulama ini, jamaah haji melewati Masjid Syajaroh. Masjid ini sebelumnya adalah lokasi pohon yang menunduk kepada Rasulullah atas perintahnya. Ini sebagai bukti bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

“Setelah ke Masjid Syajaroh, kami juga berkunjung di Masjid Jin. Masjid ini terletak di pinggir jalan dan ramai dikunjungi para jamaah haji sedunia,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Tuban Ashabul Yamin menambahkan, seluruh jamaah asal Tuban sudah dari Madinah selesai melaksanakan arbain, dan sudah bergeser ke Makkah sejak seminggu lalu.

“Menurut laporan yang kami terima, semua jamaah sudah melaksanakan umrah wajib, membayar dam Nusuk karena termasuk haji Tamatu’, melaksanakan umrah sunah dan mengunjungi situs-situs bersejarah,” ujarnya.

Untuk diketahui, Dam Nusuk adalah dam yang diwajibkan bagi jamaah haji yang menjalankan manasik dengan cara Tamatu atau Qiran. Jadi, dam ini hanya untuk memenuhi ketentuan ibadah haji Tamatu atau Qiran, bukan karena melakukan pelanggaran.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan