Wabup Tuban: HSN 2021 Jadi Momentum Gelorakan Kebangkitan Kiai dan Santri - Tugujatim.id

Wabup Tuban: HSN 2021 Jadi Momentum Gelorakan Kebangkitan Kiai dan Santri

  • Bagikan
Wabup Tuban, H. Riyadi saat memberikan sambutan. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi saat memberikan sambutan. (Foto: Dokumen)

TUBAN, Tugujatim.id – Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 dan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021 yang digelar MWC NU Rengel di Graha MWC NU Rengel desa Pungulrejo, Kabupaten Tuban, Minggu (24/10/2021).

Pada kesempatan itu, Wabup Riyadi menyatakan bahwa HSN diyakini bisa menjadi momentum perjuangan santri yang ikhlas dalam mengorbankan jiwa raga di mana telah terbukti ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Peringatan Hari Santri Nasional menjadi momentum menggelorakan kebangkitan Kiai dan santri, lewat ‘hubuut wathon minal iman‘. Mencintai tanah air merupakan sebagai dari iman,” seru Riyadi.

Sebagai generasi penerus, lanjut pria yang akrab disebut Kang Riyadi, santri saat ini diharapkan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan inovatif. Kontribusi kalangan kiai dan santri mencakup berbagai aspek kehidupan, pendidikan, sosial, ekonomi, dan keagamaan. Langkah yang disusun hendaknya sinergis dengan pemerintah desa, kecamatan dan Kabupaten Tuban.

“Hubungan ulama dan umara yang harmonis harus terus dirawat demi kemaslahatan umat,” ungkap mantan Kades Maibit, Kecamatan Rengel ini.

Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi (baju putih) didampingi Mustasyar PCNU Tuban sekaligus mantan Bupati Tuban dua periode 2011-2021, KH. Fathul Huda (Batik) dan Ketua PCNU Tuban, KH. Musta'in Syukur(baju putih kana),Ketua Tanfidziyah MWC NU Rengel, Ahmad Damanhuri (batik kana) meluncurkan Radio Dakwah NU yang diharapkan mampu mendukung syiar Islam Ahlussunah wal Jamaah. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi (baju putih) didampingi Mustasyar PCNU Tuban sekaligus mantan Bupati Tuban dua periode 2011-2021, KH. Fathul Huda (Batik) dan Ketua PCNU Tuban, KH. Musta’in Syukur(baju putih kana),Ketua Tanfidziyah MWC NU Rengel, Ahmad Damanhuri (batik kana) meluncurkan Radio Dakwah NU yang diharapkan mampu mendukung syiar Islam Ahlussunah wal Jamaah. (Foto: Dokumen)

Lebih lanjut, jalin kerja sama ulama dan umara menjadi salah satu pondasi pembangunan di Kabupaten Tuban. Kemajuan umat mencakup kemajuan intelektual, ekonomi, sosial, dan kesehatan.

Wabup Riyadi berharap pandemi Covid-19 yang masih melanda bangsa Indonesia bukan menjadi penghalang memberi sumbangsih bagi Kabupaten Tuban. Justru menjadi motivasi untuk menelurkan ide baru, baik di bidang keagamaan, pendidikan, maupun pemberdayaan masyarakat.

“Semoga apa yang telah diperjuangkan menjadi catatan amal bagi kita semua,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah MWC NU Rengel, Ahmad Damanhuri menyebutkan peringatan Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW. diawali dengan kegiatan tahlil dan selawat. Juga dilakukan gowes dan kegiatan kepemudaan lainnya oleh Ansor, Banser, IPNU-IPPNU.

“Tidak lupa, juga bazar oleh Fatayat dan Muslimat,” ujarnya.

Ahmad Damanhuri mengatakan pembangunan Graha MWC NU Rengel sebagai pusat kegiatan, rumah perjuangan kader NU, mulai dari masyarakat umum, santri hingga kiai. Di samping itu, guna memberi manfaat bagi masyarakat umum juga didirikan KBIHU NU. Sehingga memudahkan pelayanan haji maupun umrah.

“Sebagai sarana dakwah, MWC NU Rengel juga meluncurkan Radio Dakwah NU yang diharapkan mampu mendukung syiar Islam Ahlussunah wal Jamaah,” pungkas Kyai Damanhuri.

Sebatas diketahui kegiatan yang menerapkan Protks ketat ini juga di hadiri Ketua PCNU Tuban, KH. Musta’in Syukur, Mustasyar PCNU Tuban sekaligus mantan Bupati Tuban dua periode 2011-2021, KH. Fathul Huda, Camat dan Forkopimka Rengel, jajaran pengurus MWC NU Rengel, Plumpang, Soko, Widang, dan Grabagan.

  • Bagikan