Warga Kota Batu Gelar Kirab Bantengan Massal, Ini Skema Rekayasa Lalu Lintasnya

Warga Kota Batu Gelar Kirab Bantengan Massal, Ini Skema Rekayasa Lalu Lintasnya

  • Bagikan
Ilustrasi pertunjukan seni bantengan di Kota Batu, Jawa Timur.
Ilustrasi pertunjukan seni bantengan di Kota Batu, Jawa Timur. (Foto: Dokumen/Bantengan Nuswantara)

BATU, Tugujatim.id – Lalu lintas di Kota Batu pada akhir pekan ini, Minggu (7/8/2022) akan dilakukan sejumlah rekayasa. Hal itu karena warga Kota Batu, Jawa Timur, akan menggelar hajatan besar yaitu Kirab Banteng Agung Joyo Nuswantara.

Pertunjukan yang telah lama dinanti-nanti warga kota wisata tersebut akan digelar di sepanjang Jalan Panglima Sudirman Kota Batu, tepatnya mulai dari Simpang Empat BCA dan berakhir di depan Balai Kota Batu lama mulai pukul 09.00 WIB. Karena itu akan ada rekayasa lalu lintas.

Dikabarkan ratusan kelompok bantengan akan hadir memeriahkan acara tersebut. Mereka akan berlomba-lomba menunjukkan atraksi terbaiknya untuk menghibur para penonton yang hadir.

Untuk itu, bagi Anda yang hendak melewati jalur utama di tengah kota tersebut sebaiknya memilih jalur alternatif lain agar tidak terjebak macet. Adapun, Polres Batu telah melakukan rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi penumpukan kendaraan.

Skema rekayasa lalu lintas Polres Batu dalam rangka Kirab Banteng Agung Joyo Nuswantara pada Minggu, 7 Agustus 2022.
Skema rekayasa lalu lintas Polres Batu dalam rangka Kirab Banteng Agung Joyo Nuswantara pada Minggu, 7 Agustus 2022. (Foto: Dokumen/Polres Batu)

Kasat Lantas Polres Batu AKP, Lya Ambarwati, mengatakan skema rekayasa lalu lintas ini diberlakukan agar tidak terjadi krodit atau penumpukan kendaraan di jalur poros utama. Jalur yang dipakai karnaval ini menjadi satu-satunya jalur terdekat pengendara dari Kediri ataupun Mojokerto.

”Start karnaval bantengan dimulai dari Simpang 4 BCA sampai Balai Kota Batu lama. Sebab itu nantti di sepanjang Jalan Panglima Sudirman nanti akan ditutup,” ungkap Lya dihubungi, Jumat (5/8/2022).

Polisi telah mengatur rekayasa lalu lintas bagi para pengendara termasuk wisatawan. Seperti arus lalin dari Jalan Gajahmada akan dialihkan melewati Jalan Brantas.

Lalu, arus lalin dari Jalan Trunojoyo menuju utara atau kawasan Bumiaji – Cangar akan diarahkan melewati Jalan Indragiri. Sementara, arus lalin dari Jalan Trunojoyo menuju selatan atau Kota Malang akan diarahkan melewati Jalan Hasanudin, Desa Pesanggrahan.

Namun, pengendara diharapkan mempersiapkan jalur alternatif yang akan dilewati sebelum memasuki Simpang Tiga Pendem. Sementara, untuk arus lalu lintas dari Karangploso tetap diprioritaskan untuk arah masuk ke Kota Batu dari arah utara.

Pengamanan dan pengaturan rekayasa arus lalu lintas tersebut, kata Lya juga nanti akan dilakukan bersama satgas gabungan lain dari unsur TNI, Satpol PP dan Dishub Kota Batu.

Akibat rekayasa lalu lintas ini, diprediksi akan ada sejumlah titik lokasi yang berpotensi terjadi kemacetan. Di antaranya seperti di Alun-Alun, Jalan Hasanudin dan Simpang Tiga Jalan Pandanrejo – Jalan Brantas.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan