Warga Tuban Antusias Daftar Haji di Tengah Pandemi

Warga Tuban Antusias Daftar Haji di Tengah Pandemi

  • Bagikan
Kasi PHU Kemenag Tuban Umi Kultsum. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Kasi PHU Kemenag Tuban Umi Kultsum. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Warga Kabupaten Tuban tetap antusias mendaftar untuk berangkat haji meski di tengah pandemi Covid-19.

Data yang Tugu Jatim himpun dari Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama kabupaten setempat, pada 2020 ada sekitar 4.076 orang yang mendaftar haji.

Kasi PHU Kemenag Tuban Umi Kultsum saat dikonfirmasi membenarkan terkait hal itu. Masyarakat Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, begitu antusias menunaikan rukun Islam kelima ini.

“Benar, alhamdulillah lumayan banyak. Dan kami masih membuka pelayanan tersebut,” kata Umi Jumat (12/02/2021).

Dia menambahkan, walau masih waiting list (daftar tunggu pemberangkatan) di Jawa Timur termasuk Tuban masih 31 tahun lagi atau tahun 2052, tak membuat warga berputus asa menunggu.

“Ini saja waiting list-nya di Tuban ada 37-an ribu lebih pendaftar, apalagi Jawa Timur 1.006.000 orang,” terang perempuan yang juga menjabat sebagai ketua PC Fatayat NU Tuban ini.

Umi menjelaskan, meski pelaksanaan ibadah haji 1441 H ditiadakan serta belum ada kepastian apakah ibadah haji 1442 H dibuka atau tidak, ini menjadi indikasi tingginya semangat umat muslim untuk menyempurnakan rukun Islam ini.

Untuk diketahui, kuota jamaah haji tahun 1442 H/2021 M sejauh ini belum mendapatkan informasi yang pasti dari pemerintah pusat. Namun, jamaah haji Kabupaten Tuban yang akan diberangkatkan pada 2021 ini adalah jamaah haji yang ditunda keberangkatannya pada 2020, yakni sekitar 1.294 orang. (Mochamad Abdurrochim/ln)

  • Bagikan