News  

Waspada Demam Berdarah, Kasus DBD Tuban 6 Bulan Terakhir 155 Pasien Positif

Ilustrasi nyamuk aedes aegypti.
Ilustrasi nyamuk aedes aegypti. (Foto: Pixabay)

TUBAN, Tugujatim.id – Tiga pasien pengidap Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Tuban meninggal dunia dalam masa enam bulan terakhir. Ketiga pasien tersebut, sempat mendapatkan perawatan di RSUD dr R Koesma Tuban sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Hal tesebut disampaikan direktur utama RSUD dr R Koesma, dr Masyhudi kepada Tugu Jatim pada Jumat (19/8/2022). Menurutnya, usia pasien yang meninggal tersebut kisaran belasan tahun. Satu pasien meregang nyawa pada bulan 31 Maret 2022 dan pasien lainnya pada bulan Juli tahun ini.

“Tiga pasien meninggal dunia dalam kurun Maret-Agustus 2022,” ujar Mashyudi.

Selama kurun waktu itu pula, lanjut Masyhudi ada 155 kasus, 3 di antaranya meninggal dunia. Sebagai rinciannya, Januari dan Februari tidak terlaporkan, kemudian Maret ada 32 kasus.

Selanjutnya, di bulan April ada 21 kasus, dibulan berikutnya 25 kasus. Ada bulan Juni 26 kejadian, dan Juli ada 30 kasus yang ditangani Badana Layanan Umum Daerah (BLUD) Tuban Ini

Sedangkan, sampai 10 hari terakhir pada bulan Agustus sudah ada 21 kasus penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini.

“Mulai awal Agustus, sampai dengan hari ini 21 laporan. Yang dirawat saat ini masih ada 6 pasien. Semoga cepat sembuh,” terang Mantan Kepala Puskesmas (PKM) Prambontergayan, Kecamatan Soko

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa langkah pencegahan Penyakit DBD yang bisa dilakukan, Ddantaranya hendaknya memasang kelambu pada tempat tidur maupun jendela.

Kemudian, menerapkan program 3M, yaitu rajin menguras bak mandi, menutup genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk, serta mendaur ulang, dan tak kalah penting memperbanyak konsumsi vitamin C.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim