Waspadalah! BMKG: Bakal Terjadi Angin Kencang di Bojonegoro pada Awal Februari - Tugujatim.id

Waspadalah! BMKG: Bakal Terjadi Angin Kencang di Bojonegoro pada Awal Februari

  • Bagikan
BMKG Djuanda memperkirakan karena cuaca cukup ekstrem jadi akan ada angin kencang yang terjadi di Bojonegoro. (Ilustrasi Foto: Pexels)
BMKG Djuanda memperkirakan karena cuaca cukup ekstrem jadi akan ada angin kencang yang terjadi di Bojonegoro. (Ilustrasi Foto: Pexels)

BOJONEGORO, Tugujatim.id –  Sejak awal Januari 2021, di berbagai daerah mengalami cuaca yang ekstrem akibat hujan deras disertai petir sehingga mengakibatkan tanah longsor maupun banjir. Nah, termasuk di Bojonegoro dan sekitarnya, masyarakat harus lebih waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi pada awal Februari 2021 ini.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Bojonegoro Eko Susanto menjelaskan mengenai prakiraan cuaca dari BMKG pada Kamis (04/02/2021) dan Jumat siang (05/02/2021) di wilayah Bojonegoro akan diguyur hujan ringan. Sedangkan sore dan dini hari cuaca di Bojonegoro cerah dengan suhu udara berkisar dari 23-31 derajat Celsius dan kelembapan 70-75.

“Untuk hari ini dan besok, prakiraan cuaca di Bojonegoro terjadi hujan ringan pada siang hari. Sedangkan sore dan dini hari cerah,” ungkap Eko.

Dia juga menjelaskan, untuk cuaca pada Sabtu pagi (06/02/2021) dan siang hari langit berawan, sedangkan untuk sore hari terjadi hujan dengan intensitas ringan dan sedang, tapi tidak merata. Bagi masyarakat di Bojonegoro bagian selatan, harus berhati-hati karena akan berpotensi ada angin kencang.

“Di hari Sabtunya prakiraan cuaca terjadi hujan dengan intensitas ringan. Namun, pagi dan siangnya langit berawan dan berpotensi ada angin kencang di wilayah Bojonegoro bagian selatan,” tuturnya.

Sesuai keterangan dari BMKG Djuanda dan analisis stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak Surabaya, hal ini disebabkan karena kondisi perairan di Jawa Timur akan mengalami peningkatan kecepatan angin. Salah satunya dipengaruhi oleh tekanan rendah di barat laut Australia dengan arah embusan sejajar laut Jawa.

Angin kencang memicu peningkatan ketinggian gelombang di perairan Jawa Timur dalam kategori tinggi di laut Jawa, yakni 2,5-4,0 meter dan kategori sangat tinggi 4,0-6,0 meter di selatan Jawa Timur. (Mila Arinda/ln)

 

  • Bagikan