Wisatawan Malang yang Sempat Hilang di Bromo, Ditemukan di Lokasi Ekstrem yang Sulit Dijangkau - Tugujatim.id

Wisatawan Malang yang Sempat Hilang di Bromo, Ditemukan di Lokasi Ekstrem yang Sulit Dijangkau

  • Bagikan
Wisatawan. (Foto: Basarnas Surabaya/Tugu Jatim)
Roni Nur Efendi, wisatawan asal Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, saat dievakuasi tim SAR gabungan dari bawah tebing Pusung Duwur, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa (21/06/2022). (Foto: Basarnas Surabaya)

PASURUAN, Tugujatim.id – Wisatawan asal Kabupaten Malang yang sempat hilang di kawasan Gunung Bromo akhirnya ditemukan selamat di hari ketiga pencarian pada Selasa (21/06/2022). Sosok Roni Nur Efendi, 20, wisatawan asal Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, ini ditemukan di lokasi yang cukup ekstrem dan sulit dijangkau.

Dantim Basarnas Adhie Dwi S. menjelaskan, Roni ditemukan di bawah jurang Pusung dengan kemiringan tebing sekitar 70 derajat. Korban ditemukan sejauh 200 meter ke bawah diukur dari atas tebing tempat ditemukannya motor dan barang korban.

“Lokasi penemuan survivor ini termasuk di medan ekstrem. Kemiringannya sekitar 70 derajat,” ujar Adhie.

Baca Juga:

Wisatawan Asal Malang yang Hilang di Bromo Ditemukan Selamat

Dia mengatakan, upaya evakuasi korban pun harus dilakukan secara estafet. Untuk menurunkan korban dari tebing, tubuhnya diikatkan ke tali karmantel. Dengan hati-hati anggota tim SAR gabungan menggotong korban menuruni tebing.

Menurut Adhie, korban ditemukan dalam kondisi terduduk lemas. Dia mengalami dehidrasi karena tidak makan dan minum selama dua hari lebih.

“Korban ditemukan lemas. Langsung kami beri makan dan minum,” imbuhnya.

Setelah dievakuasi, korban langsung diistirahatkan ke Pos TNBTS di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Korban juga langsung dipulangkan dan dikembalikan ke keluarganya setelah petugas paramedik mengecek kondisi kesehatannya.

“Survivor dan barang-barang miliknya selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, ada laporan seorang wisatawan Malang hilang di kawasan wisata Gunung Bromo. Petugas hanya menemukan sepeda motor dan sejumlah barang milik korban tersebut di pinggir jalan arah penanjakan.

Berdasarkan informasi, wisatawan yang hilang adalah seorang pemuda bernama Roni Nur Efendi, 20, warga Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Sebelumnya dia bersama tujuh temannya berangkat ke Bromo dari Malang pada Sabtu (18/06/2022), pukul 22.00 WIB.

Mereka sampai di kawasan Bromo pada Minggu dini hari (19/06/2022). Setelah sempat masuk ke kawasan lautan pasir Bromo, Roni berpamitan ke temannya untuk pulang lebih awal.

Sekitar pukul 12.38 WIB, petugas TNBTS menemukan sepeda motor jenis Suzuki Satria FU berwarna hitam bernopol N 5851 ECZ di pinggir jalan.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan