Yuk, Intip Tradisi Natal yang Unik di 5 Negara! - Tugujatim.id

Yuk, Intip Tradisi Natal yang Unik di 5 Negara!

  • Bagikan
Tradisi Natal. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Ilustrasi perayaan Natal di luar negeri. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id – Setiap tanggal 25 Desember diperingati sebagai Hari Raya Natal bagi umat Nasrani. Tidak hanya di Indonesia, umat Nasrani di seluruh dunia juga merayakan tradisi Natal yang unik-unik.

Ya, Hari Natal identik dengan pohon cemara yang dihias dengan ornamen-ornamen, kado, maupun Santa Claus. Tak hanya diletakkan di gereja dan rumah-rumah, pohon Natal juga diletakkan di tempat-tempat umum seperti mall.

Selain itu, tukar kado juga menjadi salah satu tradisi Natal lho. Umat Nasrani di berbagai negara pun menyambut Natal dengan meriah melalui tradisi yang unik dan beragam. Lalu tradisi Natal unik apa saja yang dimiliki 5 negara ini?!

1. Jepang

Tradisi Natal. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Patung Santa di depan toko ayam goreng cepat saji di Jepang. (Foto: Pinterest)

Jepang memiliki tradisi Natal unik yaitu memakan ayam goreng KFC. Ayam goreng disantap pada malam Natal atau saat Hari Natal. Tradisi ini bermula karena adanya kampanye iklan oleh KFC pada 1974 yang disebut “Kentucky untuk Natal!” (Kurisumasu ni wa kentakkii!) yang sangat sukses dan membuat KFC populer untuk Natal!

2. Swedia

Tradisi Natal. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Masyarakat Swedia menyaksikan patung Kambing Yule di lapangan. (Foto: Pinterest)

Selain beribadah dan menghias pohon Natal, warga Swedia juga berkumpul di lapangan dan membakar patung Kambing Yule. Patung tersebut memiliki ukuran yang besar dan berbahan dasar jerami sehingga mudah dibakar. Di Swedia, Kambing Yule telah menjadi simbol Natal yang berasal dari festival pagan kuno.

3. Inggris

Tradisi Natal. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Kaus kaki berisi hadiah digantung di perapian di Inggris. (Foto: Pinterest)

Di negara yang dipimpin Ratu Elizabeth II ini memiliki tradisi unik yakni menggantungkan kaus kaki di dekat perapian atau tempat tidur. Dengan cara ini hadiah akan diletakkan dalam kaus kaki. Sehingga saat anak-anak bangun, akan ada hadiah yang menyambut mereka.

4. Meksiko

Tradisi Natal. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Ilustrasi anak mencoba memecahkan Pinata dalam perayaan Natal di Meksiko. (Foto: Pinterest)

Masyarakat Meksiko merayakan malam Natal dengan pesta yang meriah. Di setiap rumah akan mengadakan perjamuan berbagai hidangan. Selain itu, anak-anak diberi piñata. Piñata yang digantung berisikan berbagai camilan yang disukai anak-anak. Mereka akan memukulnya dengan mata tertutup hingga pecah untuk mendapatkan camilan dalam piñata.

5. Austria

Tradisi Natal. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Krampus mencari anak-anak nakal di jalanan Austria. (Foto: Pinterest)

Perayaan Natal di negara lain identik dengan hal-hal menyenangkan, namun berbeda dengan Austria. Di negara ini, akan ada Krampus, sosok makhluk setengah manusia setengah kambing yang akan menghukum anak-anak nakal di waktu Natal. Beberapa orang akan mengenakan topeng seram dengan tanduk kambing ala Krampus, berkeliling untuk mencari anak nakal. Sementara bagi anak-anak baik, Krampus bersama St Nicholas akan memberikan hadiah Natal.

  • Bagikan