1.000 Petani Terima Bibit Tembakau dari Bupati Bojonegoro Anna Muawanah - Tugujatim.id

1.000 Petani Terima Bibit Tembakau dari Bupati Bojonegoro Anna Muawanah

  • Bagikan
Bibit tembakau. (Foto: IG Bupati Bojonegoro Anna Muawanah/Tugu Jatim)
Bupati Bojonegoro Anna Muawanah (baju biru) saat menyerahkan bibit tembakau kepada petani di Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (21/05/2022). (Foto: IG Bupati Bojonegoro Anna Muawanah)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) menyerahkan bantuan bibit tembakau untuk 1.000 petani di Desa Drokilo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (21/05/2022). Bantuan pembagian bibit berjenis Virginia dan Jawa itu diserahkan langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Muawanah pada para petani.

Bupati Anna menyampaikan, bantuan bibit tembakau tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah Bojonegoro untuk para petani. Tidak hanya di Kedungadem, dia mengatakan, pada 2021 lalu pemberian bibit gratis juga dilakukan di Kecamatan Temayang.

Bupati perempuan pertama di Bojonegoro itu juga menugaskan DKPP untuk mengawal para petani dalam penanaman bibit tembakau agar mendapatkan hasil panen yang bagus.

“Saya tugaskan disperta untuk mengawal para petani,” tegasnya.

Bibit tembakau. (Foto: IG Bupati Bojonegoro Anna Muawanah/Tugu Jatim)
Para petani tampak senang mendapatkan bibit tembakau dari Bupati Bojonegoro Anna Muawanah (baju biru) pada Sabtu (21/05/2022). (Foto: IG Bupati Bojonegoro Anna Muawanah)

Sementara itu, Kepala DKPP Kabupaten Bojonegoro Helmy Elizabeth menjelaskan, bantuan bibit yang ada di Kedungadem ini diperuntukkan juga untuk kecamatan sekitar, seperti Sugihwaras, Kepohbaru, dan Temayang.

“Dari benih tembakau sebanyak 2,5 kg dengan 2 jenis, yaitu Jenis Virginia dan Jawa, bisa ditanam hampir 750-an hektare dan bisa dimanfaatkan lebih dari 1.000 petani,” terangnya.

Helmy menyampaikan, ini merupakan program yang baik karena Bojonegoro dikenal sebagai penghasil tembakau. Dia melanjutkan, bibit yang diberikan ini akan distribusikan secara bertahap sesuai umur tembakau itu sendiri. Namun, ada juga beberapa petani yang sudah mengambil bibit beberapa waktu lalu karena sudah masa tanam.

“Semoga saat panen tidak terkendala, baik hujan dan hama penyakit, sehingga nanti mendapatkan hasil yang bagus,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan