1.280 Vial Vaksin Tiba di Kota Batu, Vaksinasi Dimulai Kamis

  • Bagikan
Ilustrasi vaksin COVID-19 dan terapi konvalesen. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi vaksin COVID-19 dan terapi konvalesen. (Foto: Pixabay)

BATU, Tugujatim.id – Sebanyak 1.280 vial vaksin Sinovac telah tiba di Kota Batu, Senin (25/1/2021). Ribuan vaksin tersebut di tempatkan di Puskesmas Batu dan dikawal ketat oleh petugas. Rencananya, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu akan melakukan vaksinasi pada hari Kamis (28/12021) nanti.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari mengatakan bahwa vaksin telah sampai di Kota Batu sebanyak 1.280 vaksin .

” Vaksin itu akan disuntikan kepada 10 orang perwakilan Forkopimda dan 630 orang tenaga kesehatan. Selain itu, vaksinasi akan diberikan kepada tokoh agama-tokoh masyarakat,” jelasnya saat dihubungi melalui WhatsApp.

Saat ini, yang menjadi prioritas para tenaga kesehatan di ruang isolasi dan ICU. Kemudian, tenaga kesehatan yang melakukan tracking.

Dinas Kesehatan Kota Batu telah menunjuk sembilan fasilitas kesehatan untuk melakukan program ini. Adapun, sembilan fasilitas kesehatan tersebut diantaranya lima puskesmas dan empat rumah sakit.

“Lima Puskesmas tempat vaksinasi nanti adalah Puskesmas Batu, Sisir, Bumiaji, Beji, dan Bumiaji. Sedangkan untuk empat rumah sakit rujukan juga telah melakukan kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Yakni RS Karsa Husada, RS Hasta Brata, RS Baptis, dan RS dr Etty Asharto,” bebernya.

Saat ini, penyebaran virus corona di Kota Batu sudah mulai menurun. Meski demikian, pemberian vaksin tetap dilakukan. Kartika mengimbau masyakat agar tetap tertib melakukan protokol kesehatan.

“Vaksin ini adalah bagian dari upaya pencegahan. Masyarakat diminta tetap tertib protokol kesehatan dan dilakukan setiap hari,” pintanya. (rza/gg)

  • Bagikan