Avada Kedavra! 10 Deretan Mantra Terpopuler di Serial Harry Potter

  • Bagikan
Harry Potter. Avada Kedavra! 10 Deretan Mantra Terpopuler di Serial Harry Potter
Para tokoh Harry Potter. (Foto: Gramedia)

Artikel ini kembali memanggil para Potterhead setelah 9 tahun sejak dirilisnya film terakhir serial Harry Potter, “Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2”. Kendati filmnya sudah berakhir sejak tahun 2011 lalu namun sensasi dan nuansa sekolah sihir dan semua kejadiannya masih melekat di hati para penggemarnya.

Salah satu yang masih kerap kali diperbincangkan adalah banyaknya jenis mantra di serial ini. Kenangan saat Hermione mengajarkan cara melafalkan mantra Wingardium Leviosa kepada temannya Ron tentu menjadi salah satu adegan terfavorit.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Hindari Melakukan 7 Hal ini di Rutinitas Pagi

Mashable berhasil merangkum hasil survey oleh Bloomsbury Children’s Books tentang mantra favorit di kalangan penggemar Harry Potter. Kamu mungkin bisa menebak beberapa diantaranya tapi simak kejutannya di kesepuluh daftarnya berikut:

10. Riddikulus

Penggunaan mantra ini digunakan untuk menghadapi Boghart yang dipraktekkan oleh Harry dan kawan-kawannya di kelas Remus John Lupin. Fungsinya mantra ini dapat mengubah bentuk Boghart menjadi hal-hal yang menghibur dan lucu, seperti Ron yang mengubahnya menjadi seekor laba-laba raksasa dengan sepatu roda.

9. Obliviate

Mantra Harry Potter Obliviate mulai sering digunakan di seri kedua Harry Potter and Chamber of Secrets oleh Gilderoy Lockhart.
Mantra Obliviate mulai sering digunakan di seri kedua Harry Potter and Chamber of Secrets oleh Gilderoy Lockhart. (Foto: Hobby Lark)

Mantra Obliviate mulai sering digunakan di seri kedua Harry Potter and Chamber of Secrets oleh Gilderoy Lockhart. Mantra ini berfungsi untuk menghapus ingatan seseorang sebagaimana digunakan oleh Hermione untuk menghapus ingatan kedua orang tuanya tentang dirinya.

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

8. Sectumsempra

Sectumsempra adalah salah satu mantra bertarung yang diciptakan oleh Severus Snape saat ia masih menjadi siswa di Hogwarts. Harry pernah menggunakan mantra ini sekali saat ia bertarung menghadapi Draco Malfoy yang berakhir dengan kemenangan Harry.

7. Avada Kedavra

Siapa yang tidak kenal dengan mantra ini? Salah satu mantra kematian ini cenderung identik dengan Lord Voldemort karena memang pertama kali digunakan saat ia mulai bangkit untuk balas dendam. Seiring serial Harry Potter menuju akhir, mantra ini semakin sering digunakan saat pertarungan.

6. Alohomora

Merupakan salah satu mantra yang sering digunakan oleh tiga sekawan, Harry, Ron dan Hermione di tahun-tahun awal di Hogwarts. Mantra ini berfungsi untuk membuka pintu yang terkunci. Ketiga sekawan itu sering terlihat menggunakan mantra ini saat sedang bersembunyi untuk menyelidiki sesuatu.

5. Lumos

Mantra ini bermanfaat untuk melihat dalam kegelapan karena bisa menghasilkan cahaya dari tongkat sihir. Lumos ini sendiri memiliki beberapa jenis mantra seperti Lumos Duo, Lumos Maxima, dan Lumos Solem yang menghasilkan jenis cahaya berbeda-beda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stres Berkepanjangan, Lakukan Hal-hal Berikut!

4. Expelliarmus

Satu mantra ini bisa dikatakan satu-satunya mantra yang sering kali diucapkan Harry saat ia berada di tengah pertarungan bahkan di pertarungan akhirnya melawan Lord Voldemort. Expelliarmus ini berfungsi untuk menjatuhkan senjata lawan atau bisa dikatakan seperti melucuti senjata mereka untuk mempermudah melawannya.

3. Wingardium Leviosa

Hermione Ron Harry Potter
Ron dan Herione di film Harry Potter (Foto: whicdn.com)

Apakah kamu sudah melafalkannya seperti yang diajarkan Hermione kepada Ron? Mantra ini mungkin memiliki kesan tersendiri bagi para Potterhead. Wingardium Leviosa adalah mantra yang berfungsi untuk membuat sesuatu melayang.

2. Accio

Mantra yang digunakan untuk mengambil sesuatu yang jauh dari jangkauan ini sepertinya sangat sesuai untuk kamu yang sukanya rebahan. Seperti diperlihatkan dalam filmya, seseorang cukup menyebutkan mantra diiringi dengan nama benda yang ingin diambilnya bahkan meskipun barang tersebut tidak terlihat. Mantra ini cukup sering muncul sejak seri pertama Harry Potter.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Saeguk, Drama Korea Berlatar Belakang Kerajaan

1. Expecto Patronum

Mantra ini mulai muncul di seri ketiga “Harry Potter and the Prisoner of Azkaban”. Remus John Lupin mengajarkan mantra ini kepada Harry untuk melawan dan mengusir para Dementor.

 

Selain 10 mantra di atas tentu masih banyak mantra-mantra lainnya yang menjadi kesukaan para Potterhead. Jadi yang mana favoritmu? (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: mashable.com

  • Bagikan