Cara Mengatasi Stres Berkepanjangan, Lakukan Hal-hal Berikut! - Tugujatim.id

Cara Mengatasi Stres Berkepanjangan, Lakukan Hal-hal Berikut!

  • Bagikan
Ilustrasi stres dan cara mengatasi stres berkepanjangan. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi stres dan cara mengatasi stres berkepanjangan. (Foto: Pixabay)

Stres pasti pernah dirasakan oleh siapa saja dan merupakan hal yang normal dialami setiap orang. Namun, ada banyak hal yang perlu dilakukan sebagai langkah atau cara mengatasi stres.

Untuk diketahui, stres tidak akan pernah lepas dari kehidupan. Stres ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah di tempat kerja, bertengkar dengan teman, masalah rumah tangga, hingga keuangan. Stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi. Stres berlebihan dan berkepanjangan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tetapi juga kesehatan fisik secara umum.

Baca Juga: Fans Kpop Harus Bangga, Sebab Paham Budaya Korea Punya Banyak Manfaat

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres akan menurun. Akhirnya tubuh akan lebih mudah terkena penyakit. Bahkan saat sedang menderita penyakit, stres mungkin bisa memperparah kondisi tersebut. Beberapa masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh stres di antaranya adalah tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau depresi.

Selain itu, stres juga bisa menimbulkan berbagai gangguan, seperti nafsu makan menurun atau binge eating, nyeri otot, insomnia, dan sulit untuk konsentrasi. Maka dari itu, kita harus paham cara mengurangi stres serta mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Buang pikiran negatif

Stres bisa disebabkan oleh adanya pikiran-pikiran negatif yang sering dianggap sebagai beban. Maka dari itu, apabila ingin mengatasi atau mengurangi stres, kita bisa memulai dengan berusaha membuang segala pikiran negatif yang mengganggu. Pikiran negatif membuat seseorang senantiasa cemas terhadap seseuattu yang belum pasti terjadi. Hal ini memang tidaklah mudah, tetapi semua bisa dilakukan asalkan mau berusaha. Jadi mulai sekarang, kita harus selalu berusaha berpikir positif.

Baca Juga: Prekuel Game of Thrones Akan Rilis Tahun 2022, Fokus ke Cerita Keluarga Targaryen

2. Curhat kepada orang yang dipercaya

Stres sering disebabkan oleh beban atau masalah yang menghantui hidup seseorang. Masalah yang menumpuk itupun sering menyebabkan seeorang tertekan. Pada saat itu, sebaiknya kita tidak memendam semua masalah dan beban itu sendirian. Kita bisa berbagi cerita dengan orang-orang yang bisa dipercaya seperti teman dekat atau keluarga. Setidaknya hal itu dapat mengurangi beban dan tekanan yang ada di pikiran. Kita juga bisa mendapatkan nasehat dan masukkan yang bisa mengatasi permasalahan tersebut.

3. Olahraga teratur

Pada dasarnya ketika stres jangan mengurung diri di tempat sepi. Olahraga secara teratur tidak hanya sehat bagi fisik, tapi juga bagi psikis. Kegiatan rutin itu dapat menyeimbangkan sistem saraf dan meningkatkan sirkulasi darah. Olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, joging, atau menari dapat membantu melepaskan stres yang dirasakan. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan zat kimia berupa endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan stres. Endorfin juga dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

4. Relaksasi

Relaksasi bisa membantu untuk mengurangi atau mengatasi stres. Beberapa kegiatan seperti latihan teknik pernapasan, meditasi, maupun yoga dapat menjadi pilihan yang baik untuk relaksasi. Latihan teknik pernapasan bisa diterapkan ketika merasa marah atau stres menghadapi masalah. Latihan pernapasan bisa membantu memusatkan tubuh, dan menjernihkan pikiran. Cara mudah lainnya untuk relaksasi adalah minum teh, memasang aromaterapi, mendengarkan musik kesukaan, maupun pijat.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Saeguk, Drama Korea Berlatar Belakang Kerajaan

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mengurangi atau mengatasi stres. Lagu bisa menjadi media untuk membuat pikiran terasa lebih tenang. Kita bisa mendengarkan musik-musik bernada lembut. Hal ini dikarenakan musik bernada lembut dapat menurunkan laju detak jantung, meredakan rasa cemas, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, mendengarkan musik  yang tenang dan lembut membuat hormon kortisol dan tekanan darah menurun.

6. Lakukan kegiatan favorit

Stres bisa dikurangi atau diatasi dengan melakukan hobi yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan favorit. Kita bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berkebun, membaca buku, mendengarkan musik atau kegiatan kreatif lainnya Selain itu, kita juga melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi hobi. . Intinya, kita harus mencoba lebih terlibat dalam kegiatan yang membawa kesenangan dan kegembiraan untuk menurunkan kadar stres. (Sindy Lianawati/gg)

 

  • Bagikan