12 Aplikasi untuk Membuat Hidup Lebih Terorganisir

  • Bagikan

Jadwal kuliah, online meeting, tugas yang harus dikerjakan, daftar belanja bulanan, jumlah pengeluaran bulan ini, dan daftar hal-hal lain yang harus diingat sering kali membuat kita merasa semakin stress dan bingung. Ditambah lagi notifikasi dari aplikasi smart phone yang sering kali mengalihkan fokus kita untuk mengerjakan sesuai jadwal.

Tapi kini tidak perlu terlalu khawatir karena kehadiran teknologi telah didesain untuk membantu kehidupan manusia bahkan untuk kebutuhan kecil sehari-hari. Berikut daftar aplikasi yang bisa membantumu untuk mengatur perencanaan agar hidup kamu lebih terorganisir.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

1. Aplikasi Membuat Catatan & Manajemen Tugas

Aplikasi untuk membuat hidup lebih terorganisir yakni membuat catatan & manajemen tugas (Sumber Trello)
Aplikasi untuk membuat hidup lebih terorganisir catatan & manajemen tugas (Sumber Trello)

Dalam menjalani hari sering kali dan memang tidak bisa dihindari kita melupakan detail-detail kecil yang akan berdampak krusial jika terlewat. Namun kini beragam aplikasi telah tersedia untuk membantu penggunanya mencatat dan melakukan manajemen prioritas. Beberapa dari yang terbaik adalah Trello, Notion, dan Metamoji Note. Aplikasi Trello dan Notion akan sangat membantu baik untuk keperluan personal maupun organisasi dimana kamu bisa melakukan pembagian dan manajemen tugas secara realtime dengan orang lain disini. Sedangkan untuk keperluan catatan pribadi, Metamoji Note menjadi jawaban terbaiknya.

2. Aplikasi Membuat To-do List

Aplikasi Membuat To-do List
Aplikasi Membuat To-do List (Sumber: fixthephoto.com)

Membuat perencanaan dalam bentuk daftar memang akan lebih mempermudah kita untuk menyusun jadwal serta mengatur prioritasnya. Sejumlah aplikasi yang dapat membantumu untuk melakukan hal ini adalah Todoist, TickTick, dan Habit List. Tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan juga menjadi poin utama dari ketiga aplikasi ini. Kamu bisa mengatur hal-hal yang perlu dilakukan dan menetapkan pengingat di aplikasi Todoist dan TickTick. Sedangkan Habit List akan membantumu untuk memulai kebiasaan-kebiasaan baik seperti jadwal rutin membaca buku.

3. Aplikasi Manajemen Waktu

Aplikasi Manajemen Waktu Forest
Aplikasi Manajemen Waktu Forest. (Sumber: Forest)

Kalau waktu adalah uang maka sudah saatnya kamu mulai menghargainya dan memastikan waktu yang kamu lewati berjalan efektif serta produktif. Oleh karena itu aplikasi sejenis Forest, Smarter Time, dan Google Calendar akan membantumu mengatasinya. Sering kali saat kita berupaya untuk fokus, sejumlah notifikasi akan mengalihkan perhatian kita dari apa yang sedang kita kerjakan. Disinilah Forest dan Smarter Time akan membantu. Kedua aplikasi ini akan memantau dan membuat kita tetap fokus. Google Calendar yang saat ini tersedia secara otomatis akan membantumu untuk merencanakan dan mengingatkan sejumlah pertemuan atau kegiatan yang akan datang.

Baca Juga: Mau Umrah saat Pandemi COVID-19? Simak Beberapa Syarat Berikut!

4. Aplikasi Manajemen Keuangan

Aplikasi manajemen keuangan
Aplikasi manajemen keuangan. (Sumber Expense Tracker)

Sering merasa tiba-tiba menyesal setelah membeli sesuatu diluar perencanaan? Hal ini terjadi ketika kita tidak melakukan manajemen keuangan dengan baik. Kini aplikasi sejenis Money Manager, Money Lover, dan Expense Tracker & Money Management akan membantu sebagai bank pribadi dalam genggaman ponsel. Ketiga aplikasi ini dapat bermanfaat untuk mencatat aktivitas keuanganmu sehingga pengeluaran pun bisa lebih terkontrol. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: popsci.com

  • Bagikan