125 Calon Jemaah Haji Kota Pasuruan Ikuti Manasik Haji 2022, Gus Ipul: Semoga Semuanya Mabrur

125 Calon Jemaah Haji Kota Pasuruan Ikuti Manasik Haji 2022, Gus Ipul: Semoga Semuanya Mabrur

  • Bagikan
Wali Kota Pasuruan, Syaifullah Yusuf, saat menyapa para calon jemaah haji di gedung Gradika Bhakti Praja, Kota Pasuruan, Rabu (25/05/2022).
Wali Kota Pasuruan, Syaifullah Yusuf, saat menyapa para calon jemaah haji di gedung Gradika Bhakti Praja, Kota Pasuruan, Rabu (25/05/2022). (Foto: Dokumen/Humas Pemkot Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Sebanyak 125 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Pasuruan dipastikan berangkat pada tahun 2022. Rencananya para jamaah haji asal Kota Pasuruan ini akan berangkat pada 12 Juni 2022.

Saat ini, mereka mengikuti rangkaian bimbingan manasik haji massal yang dibuka Wali Kota Pasuruan, Syaifullah Yusuf, di Gedung Gradika Bhakti Praja, Kota Pasuruan, pada Rabu (25/05/2022).

Gus Ipul menyampaikan bahwa tahun ini Kota Pasuruan hanya diberi jatah jemaah haji separuh kloter. Meskipun begitu, dia tetap bersyukur karena pelaksanaan ibadah haji bisa kembali diselenggarakan dan berharap agar semua jemaah bisa menjadi haji yang mabrur.

“Setelah sekian lama menunggu, tahun ini bisa berangkat walau hanya separuh, semoga semua yang haji tahun ini lancar dan mabrur, sehingga bisa mendoakan Indonesia khususnya Kota Pasuruan,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan bahwa kuota jemaah haji tahun ini memang tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena kondisi cuaca di wilayah Arab Saudi yang panas sehingga pemerintah membuat aturan pembatasan usia jamaah haji 65 tahun.

“Karena cuaca di sana relatif panas, usianya dibatasi 65 tahun. Saya juga minta para jemaah tetap jaga protokol kesehatan walaupun di sana sudah agak longgar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Pasuruan, Abdurrahman, menjelaskan jika kegiatan bimbingan manasik haji ini akan digelar selama 2 hari hingga Kamis (26/05/2022). Abdurrahman meminta agar para jemaah haji bisa serius mengikuti rangkaian bimbingan manasik haji agar tidak kebingungan ketika sudah berada di tanah suci.

“Kegiatan manasik haji di Gradika bertujuan meningkatkan kemampuan dan pemahaman para jemaah haji agar bisa berjalan tertib dan aman sesuai ketentuan agama. Nantinya ada manasik lagi di tingkat kecamatan pada tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2022,” pungkasnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan