125 Tempat Ibadah di Kota Batu Bakal Digelontor Dana Hibah hingga Rp 50 Juta - Tugujatim.id

125 Tempat Ibadah di Kota Batu Bakal Digelontor Dana Hibah hingga Rp 50 Juta

  • Bagikan
Masjid Agung An-Nuur, salah satu masjid terbesar di Kota Batu. (Foto: Dok. Tugu Malang)
Masjid Agung An-Nuur, salah satu masjid terbesar di Kota Batu. (Foto: Dok. Tugu Malang)

BATU, Tugujatim.id – Sebanyak 125 tempat ibadah di Kota Batu sebentar lagi akan mendapatkan dana hibah dari Pemkot Batu. Anggarannya mencapai Rp 4,5 miliar. Masing-masing tempat ibadah ditaksir menerima dana hibah antara Rp 15 juta-Rp 50 juta.

Hal ini dibenarkan oleh Kabag Kesra Pemkot Batu Hendri Suseno. Dia mengatakan, dana hibah ini akan segera disalurkan setelah nanti ada SK dari Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

”Bantuan ini juga termasuk mengakomodasi tempat ibadah, termasuk penjaga tempat ibadah. Nanti akan segera disalurkan, kami menunggu SK-nya ditandatangani wali kota. Sekarang masih proses di bagian hukum,” terang dia, Senin (06/09/2021).

Hendri merinci, nominal dana hibah yang nanti akan diberikan tergantung kebutuhan. Misal untuk TPQ atau musala, mendapat Rp 15 juta. Sementara itu, untuk masjid atau gereja mendapatkan Rp 50 juta.

”Kami harap bantuan ini bisa terus meningkat setiap tahun,” harapnya.

Hal senada diharapkan oleh anggota tim Banggar DPRD Kota Batu Ludi Tanarto. Bahkan setiap tahun, DPRD selalu mengusulkan adanya penambahan dana hibah untuk penjaga dan tempat ibadah.

“Apalagi program di kesra berhubungan langsung dengan masyarakat dan keagamaan. Dari tahun 2020, anggaran kesra sebesar Rp 10,2 miliar, tahun ini menjadi Rp 17,1 miliar atau ada kenaikan Rp 7 miliar,” ujar kader PKS ini.

  • Bagikan