160 Calon Maba Unikama Pembekalan Program RPL, Bakal Dapat Banyak Potongan Biaya Kuliah

Program RPL. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)
Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Drs Choirul Hudha MSi; Wakil Rektor Bidang Sumberdaya Kerjasama, dan Informasi Komunikasi Dr Ir Henny Leondro SPt MP IPM ASEAN Eng; serta Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Cecep Lili. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar serangkaian pembekalan kepada 160 calon mahasiswa baru Program Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Program Studi (Prodi) PG (Pendidikan Guru) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Pembekalan program RPL ini dilakukan di Auditorium Multikultural Unikama, Selasa (26/07/2022).

Pembekalan itu dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Drs Choirul Hudha MSi, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Kerja Sama, dan Informasi Komunikasi Dr Ir Henny Leondro SPt MP IPM ASEAN Eng, dan Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Cecep Lili.

Program RPL. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)
Suasana pembekalan program RPL dilakukan di Auditorium Multikultural Unikama, Selasa (26/07/2022). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Drs Choirul Hudha MSi mengatakan, Unikama kali pertama membuka program RPL sesuai aturan yang ada. Di mana dasar hukumnya mengacu pada Peraturan Menteri Ristekdikti Nomor 26 Tahun 2016 tentang recognisi pembelajaran lampau.

Selain itu, hal ini juga telah diatur dalam Keputusan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 123/B/SK/2017 tentang pedoman tata cara penyelenggaraan program RPL.

“Sebanyak 160 mahasiswa ini merupakan calon mahasiswa baru dari hasil kerja sama Unikama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Tentu jumlahnya lebih dari ini karena nanti tidak hanya berasal dari Kabupaten Malang saja,” katanya.

Dia juga turut menjabarkan, beberapa kemudahan dalam program RPL. Hal ini juga sesuai dengan pedoman akademik Unikama tahun 2021. Selain itu, juga telah tertuang dalam SK Rektor Nomor 10/II.A5/UK-ML/XII.2021 tentang pedoman penyelenggaraan RPL.

Dia mengatakan, pengakuan pada program RPL ini tak hanya pada pendidikan formal, tapi pendidikan informal hingga pengalaman kerja.

“Termasuk  kompetisi, sertifikat, atau penghargaan pada sisi informal juga akan tetap mendapatkan pengakuan. Lama kerja dalam sebuah lembaga sekolah, tentu nantinya akan memengaruhi dari pengakuan dalam satuan kredit semester (SKS). Nanti yang masa kerjanya lebih lama juga pengakuan (SKS) beda,” ujarnya.

Program RPL. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)
Para peserta pembekalan program RPL di Auditorium Multikultural Unikama, Selasa (26/07/2022). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)

Pelaksanaan perkuliahan program ini akan dilakukan secara hybrid. Jadi, para guru dapat menyesuaikan dengan kesibukan dan domisilinya. Sedangkan jika ingin melakukan kuliah luring, Unikama juga siap memfasilitasinya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Kerja Sama, dan Informasi Komunikasi Dr Ir Henny Leondro SPt MP IPM ASEAN Eng menerangkan, para calon mahasiswa baru program RPL akan mendapatkan banyak potongan dalam biaya perkuliahan. Salah satunya UKT untuk RPL hanya sebesar Rp2.750.000. Dan kelas RPL tahun ini, tidak dikenakan biaya DPP.

“Dari UKT, biaya KKN, biaya PKL, dan skripsi sudah include di dalamnya. Tak ada lagi tarikan, kecuali saat wisuda,” jelasnya.

Meski dalam pembiayaan banyak potongan yang didapatkan, hal ini tidak mengurangi fasilitas yang didapatkan. Dia menambahkan, hal ini merupakan salah satu wujud kontribusi Unikama dalam meningkatkan kualitas guru.

“Ini bentuk perhatian kami sebagai lembaga di bawah naungan PGRI,” paparnya. (adv)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim